Bajeber, Najmi (2024) Efektivitas Media Sosial Tiktok Dalam Penyampaian Pesan Dakwah Pada Akun Tiktok @Aabelkarimi. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3417141_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3417141_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3417141_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bajeber, Najmi. 2024. Efektivitas Media Sosial Tiktok Dalam Penyampaian Pesan Dakwah Pada Akun Tiktok @aabelkarimi. Dosen pembimbing: Dimas Prasetya, M.A., S.I.Kom Perkembangan teknologi memudahkan dakwah melalui media sosial seperti TikTok. TikTok memiliki 1,4 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, termasuk 99,1 juta pengguna aktif di Indonesia. Konten dakwah dapat disampaikan secara menarik dan kreatif melalui TikTok. Akun @aabelkarimi dengan 368,2 ribu pengikut berhasil menyampaikan pesan dakwah yang efektif. Penelitian tentang efektivitas media sosial TikTok dalam menyampaikan pesan dakwah melalui akun @aabelkarimi menjadi fokus, dengan pendekatan kualitatif dan objek penelitian adalah para pengikut akun tersebut. Dakwah melalui TikTok mencapai pemirsa dengan cepat dan efektif, sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin digital. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut; 1) bagaimana efektivitas penyampaian pesan dakwah pada akun TikTok @aabelkarimi?, 2) bagaimana isi pesan dakwah yang disampaikan akun TikTok @aabelkarimi?. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan media sosial TikTok akun @aabelkarimi dalam penyampaian pesan dakwah dan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang terdapat dalam akun TikTok @aabelkarimi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma interpretatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan akun TikTok @aabelkarimi, dapat diketahui bahwa 1) berdasarkan analisis menggunakan teori ELM, ditemukan bahwa pendekatan yang digunakan oleh akun @aabelkarimi dalam menyampaikan pesan dakwah di TikTok cukup efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari generasi muda. Konten-konten tersebut berhasil menarik perhatian, mempengaruhi pemikiran, memperkuat iman, dan mendorong audiens untuk berbuat baik dalam menjalankan agama mereka, 2) mayoritas video yang @aabelkarimi buat ini merupakan video mengenai keresahannya terhadap isu-isu sosial, namun makna dari pesan dakwah ini masih berkaitan dengan prinsip-prinsip Islam yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti akidah, akhlak, dan tauhid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Media Sosial Tiktok, Pesan Dakwah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:32 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9193 |
Actions (login required)
View Item |