Alif, Muhammad Tajuddin (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas 2 Melalui Ice Breaking Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320012_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2320012_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kreativitas belajar siswa yang disebabkan oleh banyak faktor baik dari diri siswa itu sendiri maupun faktor dari diluar diri siswa. Faktor yang menjadikan kreativitas dalam belajar menurun adalah rasa keterpaksaan dalam belajar dan juga kehendak orang tua yang dipaksanakan kepada diri siswa dan faktor lainnya. Melalui Ice breaking guru berupaya untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Ice breaking berguna untuk meredakan rasa bosan, rasa malas siswa dalam belajar. Walaupun dalam pelaksanaan Ice breaking menimbulkan dampak positif dan negarif bagi keberhasilan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas 2 di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan?, Bagaimana penerapan ice breaking dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 2 di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan?, Apa keunggulan dan kekurangant penggunaan ice breaking pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas 2 di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan, Untuk mendeskripsikan penerapan ice breaking dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 2 di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan dan Untuk menjelaskan keunggulan dan kekurangan penggunaan ice breaking pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SDN Krapyak Lor 02 Kota Pekalongan dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini pada upaya guru telah menunjukkan usahanya dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan melakukan kondusifitas kelas ketika pembelajaran berlangsung, melatih mental siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, dan bersikap terbuka kepada siswa apabila ada siswa yang ingin bertanya. Pada tahapan penerapan Ice Breaking dilaksanakan dengan tahapan perencaan (Persiapan), tahap Pelaksanaan dan tahap evaluasi sebagai tolak ukur dalam menganalisa keberhasilan proses pembelajaran. Dan pada keunggulan penggunaan Ice Breaking meliputi meredakan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam belajar, meningkatnya motivasi dalam belajar, dan terjalinnya hubungan yang lebih baik antara guru dan siswa. Sedangkan kekurangan penggunaan Ice Breaking dapat menjadikan berkurangnya waktu untuk belajar, kesiapan siswa dalam belajar berkurang dan ketidaktepatan guru dalam penerapan Ice Breaking akan menimbulkan pembelajaran jauh dari keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Kreativitas Belajar, Ice breaking | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:31 | ||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9210 |
Actions (login required)
View Item |