Mufrodah, Naili (2024) Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620008_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2620008_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
2620008_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Tirto. Adapun solusi yang ditawarkan untuk menangani masalah tersebut dengan cara menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME). RME memiliki kelebihan diantaranya, 1) proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena menggunakan konteks kehidupan nyata yang ada di sekitar peserta didik, 2) pemahaman individu menjadi dasar pembangunan pengetahuan, sehingga materi akan lebih mudah diingat, 3) peserta didik dilatih untuk mengemukakan pendapat dan berpikir secara kritis. Kelebihan-kelebihan tersebut dapat mengatasi kemampuan berpikir kritis yang masih rendah sesuai dengan indikator berpikir kritis yaitu, interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh positif model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Tirto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Tirto. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan mengenai model RME, menambah kepustakaan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, serta utamanya untuk memberikan data yang dapat dijadikan masukan bagi SMP Negeri 1 Tirto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 62 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model RME. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Data penelitian tersebut dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini pada uji independent sample t-test didapat nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Pada posttest kelas kontrol memiliki nilai minimum 45, nilai maksimum 90, dan nilai rata-rata 70,16. Sedangkan pada posttest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 55, nilai maksimum 100, dan nilai rata-rata 86,29. Sedangkan Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education, Berpikir Kritis, Aritmatika Sosial. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:18 | ||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9215 |
Actions (login required)
View Item |