Series Film Religi Sebagai Media Dakwah Gen Z (Studi Pada Aplikasi Over The Top Edisi Bulan Ramadhan Tahun 2023)

Zuhaid, M. Falih (2024) Series Film Religi Sebagai Media Dakwah Gen Z (Studi Pada Aplikasi Over The Top Edisi Bulan Ramadhan Tahun 2023). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420053_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3420053_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena film dewasa yang ada pada aplikasi Over The Top sedangkan penonton dari aplikasi tersebut homogen, namun pada bulan ramadhan terdapat banyak film religi yang ternyata tranding di aplikasi Over The Top, penulis mencoba melakukan peneltian terkait Film Series Religi Sebagai Media Dakwah Generasi Z (Studi Pada Aplikasi Over The Top Edisi Bulan Ramadhan Tahun 2023). Penulis melakukan penelitian dengan rumusan yaitu Apa nilai-nilai keislaman yang ada dalam Film Series Religi pada aplikasi Over The Top edisi bulan ramadhan 2023 dan Bagaimana Analisis Uses and gratifications di Series Film Religi di Aplikasi Over The Top Dalam Membangun Pemahaman nilai-nilai keislaman Pada Gen-Z. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Apa nilai-nilai keislaman yang ada dalam Film Series Religi pada aplikasi Over The Top edisi bulan ramadhan 2023 dan Untuk mengetahui bagaimana Film Series Religi dalam Aplikasi Over The Top bisa membangun pemahaman nilai-nilai keislaman pada Gen Z melaui Analisis Use and Gratifications. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif libarary, dengan pendekatannya deskriftip analistis. sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui oberservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis isi dan teori Uses and gratification guna mengetahui kepuasan yang didapat generasi Z tentang pemahaman keislaman pada film religi diaplikasi Over The Top. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Penelitian menunjukkan bahwa penonton aktif memilih film di aplikasi seperti Viu dan Video.com untuk hiburan, edukasi, dan informasi dengan penekanan pada nilai-nilai akidah, akhlak, ibadah, dan sosial. Motif penonton Film "Bidadari Bermata Bening" dan "Sajadah Panjang Sujud dalam Doa" dipengaruhi oleh tren di media sosial dan trailer yang menarik. Kedua Film tersebut memberikan dampak yang signifikan dalam memperkuat pemahaman keislaman dan memengaruhi praktik keagamaan generasi Z. Temuan ini selaras dengan teori Uses and gratifications, menunjukkan bahwa penonton memilih media berdasarkan preferensi individu dan situasi serta menilai konten berdasarkan pengalaman pribadi dan relevansinya dengan kehidupan nyata mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah, Generasi Z, Uses and gratification, Over The Top, Ajaran Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:53
Last Modified: 23 Jul 2024 06:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item