Strategi guru dalam mengembangkan karakter percaya diri peserta didik melalui kegiatan kultum tiga bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Insan Cendekia Pekalongan

Azilda, Ilma (2024) Strategi guru dalam mengembangkan karakter percaya diri peserta didik melalui kegiatan kultum tiga bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Insan Cendekia Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120137_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (762kB)
[img] Text
2120137_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120137_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang berkontribusi untuk mengembangkan karakter peserta didik. Salah satu kualitas terpenting dari peserta didik adalah karakter percaya diri. Tidak bisa dipungkiri kepercayaan diri dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan hidup, akan tetapi banyak peserta didik yang kurang memiliki kepercayaan diri yang tinggi padahal memiliki kemampuan dan potensi yang baik. MAN Insan Cendekia Pekalongan adalah salah satu madrasah yang memperhatikan pendidikan karakter dengan berbagai program kegiatan. Seperti kegiatan kultum tiga bahasa sebagai suatu strategi untuk mengembangkan karakter percaya diri peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kultum tiga bahasa di MAN Insan Cendekia Pekalongan. 2) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan karakter percaya diri peserta didik melalui kegiatan kultum tiga bahasa di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kultum tiga bahasa di MAN Insan Cendekia Pekalongan. 1) untuk menguraikan strategi guru dalam mengembangkan karakter percaya diri peserta didik melalui kegiatan kultum tiga bahasa di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif yang melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter percaya diri melalui kegiatan tiga bahasa melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kultum tiga bahasa dilakukan setiap malam senin sampai malam sabtu setelah sholat maghrib berjamaah. Strategi pengembangan karakter percaya diri melalui kegiatan kultum tiga bahasa menggunakan beberapa strategi guna membentuk karakter percaya diri peserta didik diantaranya keteladanan, penanaman kedisplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internalisasi. Karakter percaya diri peserta didik yang dibentuk melalui kegiatan kultum tiga bahasa diantaranya berani dalam mengemukakan pendapat, keyakinan kemampuan diri, optimis, objektif dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, pengembangan, karakter percaya diri, kultum
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:29
Last Modified: 02 Aug 2024 02:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9224

Actions (login required)

View Item View Item