Annafisah, Maulida (2024) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas viii di Mts At-Taqwa Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120073_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120073_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2120073_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Annafisah, Maulida. 2024. Implememtasi Prinsip Total Quality Management Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berbasis Qiro'ati di TPQ Darussalam Subah Batang. Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitan Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Rofiqotul Aini, M. Pd.l. Mutu dalam pendidikan Islam berfokus pada proses dan hasil pendidikan. Setiap lembaga juga harus mampu meningkatkan mutu pembelajarannya bagi para pelanggannya. Namun, ada beberapa lembaga pendidikan seringkali mengalami kegagalan mutu dikarenakan proses manajemen lembaga yang salah. Untuk mengatasi kegagalan ini, maka beberapa lembaga menerapkan Total Quality Management. Penerapan TQM ini mengacu pada pengembangan program kelas harus dikembangkan dalam suatu lembaga yang mana demi tercapainya satu tujuan yaitu kepuasan pelanggan TPQ (internal maupun eksternal). Adapun tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk menjelaskan proses perencanaan prinsip total quality management dalam meningkatkan mutu pembelajaran Metode Qira'ati di TPQ Darussalam Subah Batang , 2) Untuk menjelaskan implementasi prinsip total quality management dalam meningkatkan mutu pembelajaran Metode Qira'ati di TPQ Darussalam Subah Batang, 3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi prinsip total quality management dalam meningkatkan mutu pembelajaran berbasis Metode Qira'ati di TPQ Darussalam Subah Batang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Peneliti memilih pendekatan ini dikarenakan data yang dipaparkan berbentuk deskripsi secara rinci mengenai hasil atau kondisi sesuai yang terjadi di lokasi penelitian. Langkahlangkahnya dilakukan dengan pengumpulan data klasifikasi atau penghimpunan informasi, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil tersebut serta membuat laporan. Peneliti memperoleh data dilakukan dengan wawancara, melakukan pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) Proses perencanaan TQM dengan adanya perumusan visi, misi, dan tujuan TPQ Darussalam, komitmen dan kerjasama yang baik antar pihak TPQ, 2) Implementasi dengan adanya inovasi yang diterapkan melalui suatu program TPQ, tanggapan positif dari pelanggan TPQ Darussalam, 3) Faktor pendukung meliputi sistem pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai, lulusan yang berkualitas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak ada dukungan dari lingkungan eksternal, dan program kegiatan yang padat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Total quality management, mutu pembelajaran, metode qiro'ati | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:10 | ||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9225 |
Actions (login required)
View Item |