Etnografi Virtual Komodifikasi Dakwah di Akun Instagram @dakwah_islami.i

Nuryani, Aulia Tri (2024) Etnografi Virtual Komodifikasi Dakwah di Akun Instagram @dakwah_islami.i. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420153_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3420153_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Akun instagram @dakwah_islami.i merupakan salah satu media yang berisi konten dakwah, tetapi terindikasi mempunyai tujuan selain digunakan berdakwah. Membangun citra publik untuk meningkatkan jumlah followers dan insigh lalu mendapatkan keuntungan melalui promosi produk, hal tersebut telah mengubah nilai guna menjadi nilai jual yang merupakan bagian dari komodifikasi agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana etnografi virtual yang dibangun akun instagram @dakwah_islami.i dan bagaimana komodifikasi yang dilakukan oleh akun instagram @dakwah islami.i. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menemukan budaya yang berkembang sehingga menjadi norma serta mengungkapkan komodifikasi dakwah yang dilakukan. Kegunaan penelitian ini menjadi bahan referensi bagi mahasiswa khususnya mahasiswa program studi komunikasi dan penyiaran Islam. Jenis penelitian content analysis dengan metode penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan etnografi virtual dengan paradigma kritis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori ekonomi politik media Vincent Mosco. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu teknik analisis media siber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah di temukannya budaya baru pada akun @dakwah_islami.i berupa simbol baru yang digunakan dalam berinteraksi di dunia virtual yang ditemukan pada kolom komentar unggahan feed akun instagram @dakwah_islami.i dengan melalui 4 tahap level analisis, yaitu analisis ruang media, analisis dokumen media, analisis objek media dan analisis pengalaman media. Penelitian ini juga telah menemukan adanya komodifikasi konten dengan cara membuka jasa paid promote dan menyebarkan konten affiliate di cerita instagram sehingga membentuk budaya pada sebuah komunitas virtual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VykiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnografi Virtual, Komodifikasi Agama, Instagram, Iklan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:12
Last Modified: 22 Jul 2024 01:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9244

Actions (login required)

View Item View Item