Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics (STREM) Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi di Mts Abadiyah Pati”

Maulani, Siti (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics (STREM) Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi di Mts Abadiyah Pati”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620053_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2620053_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan untuk memahami, memanfaatkan, dan mengkomunikasikan berbagai angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah secara praktis dalam berbagai situasi dan menilai data yang disediakan dalam berbagai cara untuk mencapai kesimpulan. Hasil PISA 2022 dalam matematika menunjukkan bahwa kualitas pendidikan matematika di Indonesia masih perlu ditingkatkan secara signifikan. Jika belum ada upaya sungguh-sungguh yang langsung ke sasaran untuk membenahi pembelajaran matematika di kelas, khususnya dalam membelajarkan proses bernalar, mustahil perbaikan akan terjadi. Pemberian LKPD yang berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics (STREM) diharapkan mampu membantu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis STREM dapat meningkatkan literasi numerasi siswa? 2) Bagaimana hasil kevalidan dari pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis STREM dalam meningkatkan literasi numerasi siswa? dan 3) Bagaimana hasil keefektifan dari pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis STREM dalam meningkatkan literasi numerasi siswa?. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan, hasil kevalidan, dan hasil keefektifan LKPD berbasis STREM dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII. Penelitian ini menerapkan pengembangan metode R&D dengan model dari ADDIE, yakni terdiri dari 5 komponen sistematis yang saling berkaitan serta tidak dapat dilakukan secara acak pada setiap tahapan. Penelitian ADDIE yakni yang pertama tahap analisis (analyze) terdiri dari dua tahap, yang kedua tahap desain (design) terdiri dari tiga tahap, yang ketiga tahap pengembangan (development) terdiri dari tiga tahap, yang keempat tahap implementasi (implementation), dan yang terakhir tahap evaluasi (evaluation). Berdasarkan dari rumusan masalah didapatkan hasil penelitian yaitu 1) Pada pengembangan LKPD ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) 2) Hasil kevalidan LKPD berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics (STREM) yang dinilai berdasarkan validitas mendapatkan skor rata-rata 81,5% dari ahli media, dan 76,4% dari ahli materi 3) LKPD ini juga dinyatakan efektif memiliki skor ketuntasan 87% pada uji coba post-test siswa. Selain itu, untuk mengetahui keefektifan LKPD berbasis STREM peneliti menggunakan uji paired sample t-test pada hasil pre-test dan post-test yang kemudian mendapatkan skor rata- rata 63,67 pada hasil pre-test, dan 9,16 pada hasil post-test, serta hasil signifikansinya yaitu 0,000 yang kurang dari 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan varibel akhir, menunjukkan pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan yang diberikan pada masing-masing variabel.. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan post-test siswa menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangan valid, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, And Mathematics (STREM), Kemampuan Literasi Numerasi, Bangun Ruang
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:45
Last Modified: 01 Oct 2024 04:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item