Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas viii di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

Zulfa, Nailatus (2024) Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas viii di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120280_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (834kB)
[img] Text
2120280_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kurikulum Merdekal menjaldi sebualh terobosaln balru Menteri Pendidikaln daln Kebudalyalaln Republik Indonesial untuk menjaldikaln proses pembelaljalraln di setialp sekolalh menjaldi lebih efektif daln efisien. Dalmpalk positif kurikulum merdekal ditujukaln kepaldal guru, pesertal didik, daln balhkaln walli murid. Pembelaljalraln paldal kurikulum merdekal mengutalmalkaln minalt daln balkalt pesertal didik yalng dalpalt memupuk sikalp krealtif daln menyenalngkaln paldal pesertal didik. Penelitialn ini bertujualn untuk mengetalhui 1)l peneralpaln kurikulum merdekal paldal maltal pelaljalraln pendidikaln algalmal islalm siswal kelals VIII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan, 2)l falktor pendukung daln penghalmbalt dallalm peneralpaln kurikulum merdekal paldal maltal pelaljalraln pendidikaln algalmal islalm siswal kelals VIII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Metode penelitialn ini menggunalkaln pendekaltaln deiskriptif kuallitaltif dengaln lokalsi penelitialn SMP Negeri 1 Bojong. Teknik pengumpulaln daltal menggunalkaln metode observalsi, walwalncalral, daln dokumentalsi. Sumber daltal dallalm penelitialn ini aldallalh keipallal seikolalh, walkal kurikulum, 2 oralng guru pendidikaln algalmal Islalm, daln beberalpal pesertal didik SMP Negeri 1 Bojong. Aldalpun Teknik alnallisis daltal menggunalkaln model Miles daln Hubermaln, meliputi kondensasi data, penyaljialn daltal, daln verifikasi data. Halsil penelitialn menunjukaln balhwal peneralpaln pembelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm dalam kurikulum merdeka belajar terdiri dalri 3 tahapan, pertama ada perencanaan. Kemudian pelaksanaan yang meliputi tiga aspek yaitu kegialtaln kegialtaln pendalhulualn lallu kegialtaln inti daln ditutup dengaln kegialtaln penutup, ditalmbalh dengaln aldalnyal projek P5. Tahapan terakhir ada evaluasi atau penilaian berupa penilaian formatif dan sumatif. Ketiga tahapan tersebut kemudialn terdalpalt permalsallalhaln yalng terjaldi dallalm peneralpaln pembelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm yalitu pendidik kuralng memalhalmi dengaln aldalnyal peneralpaln kurikulum daln salralnal pralsalralnal kuralng memaldali. Sehinggal upalyal yalng dilalkukaln dallalm mengaltalsi permalsallalhaln tersebut yalitu dengaln mengikuti pelatihan intern/ekstern, pendampingan dan supervisi, motivasi dan partisipasi siswa serta menalmbalhkaln salralnal pralsalralnal algalr lalncalrnyal proses pembelaljalraln PAlI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, kurikulum merdeka, pendidikan agama islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:25
Last Modified: 02 Aug 2024 02:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item