Edukasi berbasis psikologi dan islam dalam mencegah perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan

Aqilah, Aqilah (2024) Edukasi berbasis psikologi dan islam dalam mencegah perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2120198_Cover Bab I dab Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2120198_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hate Speech merupakan bentuk penghinaan yang menimbulkan suasana permusuhan, intimidasi, serta merupakan bagian dari tindakan pencemaran. Perilaku hate speech ini terjadi di SMP Negeri 16 Pekalongan. Contoh perilaku hate speech di Sekolah ini, misalnya terdapat peserta didik yang saling sindirmenyindir baik di Sekolah maupun media sosial. Maka dari itu, diperlukan peran guru BK dan guru PAI untuk memberikan edukasi, baik edukasi berbasis psikologi maupun berbasis Islam, agar dapat mencegah terjadinya perilaku hate speech peserta didik di SMP Negeri 16 Pekalongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk perilaku hate speech, implementasi edukasi berbasis psikologi dan edukasi berbasis Islam dalam mencegah terjadinya perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentukbentuk perilaku hate speech, implementasi edukasi berbasis psikologi dan edukasi berbasis Islam dalam mencegah terjadinya perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, guru BK dan dua peserta didik di SMP Negeri 16 Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun terkait analisis data digunakan dalam penelitian ini yaitu kondensi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk-bentuk perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan berupa penghinaan (fisik dan non fisik), pencemaran nama baik (ghibah dan memfitnah), menghasut (langsung dan tidak langsung), serta penyebaran berita bohong (fake news dan propaganda). 2) Edukasi berbasis psikologi dalam mencegah perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan dilakukan dengan 3 langkah berupa moral knowing, moral feeling dan moral action. Edukasi tersebut dilakukan dengan cara mengarahkan korban untuk memiliki sikap berani, menanamkan habit (kebiasaan) keagamaan yang baik terhadap pelaku, menumbuhkan kembali sikap percaya diri korban melalui pemberian motivasi, memberikan keyakinan terhadap korban melalui pendekatan khusus dan komunikasi secara langsung, menumbuhkan sikap empathy dalam diri pelaku, serta menasihati pelaku untuk mengikuti kegiatan yang positif. 3) Edukasi berbasis Islam dalam mencegah perilaku hate speech di SMP Negeri 16 Pekalongan dilakukan dengan cara penguatan terhadap beberapa aspek yaitu aspek spiritual, aspek moral dan aspek fisik. Edukasi tersebut dilakukan dengan cara menumbuhkan ketaatan beragama, menghindarkan dari sifat syirik, meningkatkan moral yang baik, serta menanamkan kestabilan emosi dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFahilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Edukasi, perilaku hate speech, guru PAI, guru BK
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:52
Last Modified: 05 Aug 2024 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9384

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item