Rahma, Maulida Yunia (2024) Implementasi model problem based learning (PBL) pada kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PPKN Kelas IV di SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320086_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2320086_FULL TEXT b5.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
2320086_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran yang konvensional cenderung membuat peserta didik merasa jenuh dengan proses pembelajaran yang diajarkan dikelas. Dalam hal ini meningkatkan pembelajaran PPKn pada kurikulum merdeka diperlukan model pembelajaran inovatif yang menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran (student centered). Salah satu model pembelajaran inovatif yang diterapkan kelas IV di SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Dengan tujuan penerapan model pembelajaran ini yaitu untuk mendorong peserta didik agar lebih aktif dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi model Problem Based Learning (PBL) dan bagaimana faktor pendukung serta penghambat model Problem Based Learning (PBL) pada kurikulum merdeka mata pelajaran PPKn kelas IV di SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning (PBL) dan bagaimana faktor pendukung serta penghambat model Problem Based Learning (PBL) pada kurikulum merdeka mata pelajaran PPKn kelas IV di SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus utama dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan model Problem Based Learning (PBL) pada kurikulum merdeka mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sementara analisis data yang digunakan adalah menggunakan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada kurikulum merdeka mata pelajaran PPKn kelas IV di SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang yaitu: perencanaan dengan menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Membuat Modul Ajar. Pelaksanaan terbagi dalam 3 tahapan kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi yang digunakan berupa asesmen formatif pada saat pembelajaran berlangsung. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada kurikulum merdeka mata pelajaran PPKn kelas IV di SD Negeri Bawang 03 Kabupaten Batang yaitu, faktor pendukung: motivasi peserta didik yang positif dan keaktifan peserta didik. Faktor penghambat: peserta didik yang kurang fokus dan manajemen waktu yang kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:58 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9420 |
Actions (login required)
View Item |