Sutan, Pinkan Rahmanisa (2024) Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTsN Batang (Perspektif Neurosains ). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220105_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220105_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran mahārah al-kalām di Mts N Batang telah disesuaikan guru dengan olah proses pembelajaran yang lebih efektif, inovatif dan menyenangkan. Namun proses ini berjalan seiringan dengan adanya hambatan seperti siswa yang masih pasif dalam pembelajaran, siswa kurang terpancing untuk menjawab pertanyaan yang diutarakan guru jika tidak dipilih dan adanya kesenjangan dalam kemampuan mahārah al-kalām peserta didik. Sejatinya pembelajaran yang guru terapkan ini berlandaskan dengan teori bagaimana proses otak mengolah informasi yang disampaikan, dimana proses ini sebagai rangkaian proses dalam prinsip neurosains pembelajaran yang akan dikaji dalam penelitian. Teori neurosains disini akan menjelaskan bagaimana perlakuan yang sesuai dengan cara otak belajar dan dampaknya bagi peserta didik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian adalah : Bagaimana strategi pembelajaran mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII MTs Negeri Batang yang tinjauan dari perspektif neurosains dan apa saja faktor pendukung serta penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati dan menganalisa strategi pembelajaran mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII MTs Negeri Batang beserta tinjauan dari perspektif neurosains dan mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri Batang, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran mahārah al-kalām yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Negeri Batang secara garis besar sudah sesuai dengan prinsip dalam neurosains pembelajaran yang tercakup dalam tahap pra-pemaparan, akuisisi, elaborasi, verifikasi, pengkodean memori, dan integrasi fungsional. Dengan terpenuhinya prinsip neurosains pembelajaran menjadikan peserta didik mendapat pengalaman yang nyata dalam pembelajaran, peserta didik menjadi lebih fokus dan termotivasi selama pembelajaran berlangsung. Adapun faktor pendukung diantaranya; antusias dan semangat guru, lingkungan dan rutinitas sekolah, serta kebijakan dan program pemerintah. Sedangkan faktor penghambat berupa; keterbatasan kemampuan kognitif peserta didik, jam pembelajaran siang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bahasa Arab, strategi pembelajaran mahārah al-kalām, neurosains. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:01 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9450 |
Actions (login required)
View Item |