Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa arab kurikulum merdeka MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan

Najmassa’adah, Najmassa’adah (2024) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa arab kurikulum merdeka MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220134_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (992kB)
[img] Text
2220134_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220134_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kompetensi pedagogik guru merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pembelajaran, termasuk bahasa Arab di era Kurikulum Merdeka. Di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan, tantangan mengajarkan bahasa Arab sebagai bahasa asing semakin membutuhkan kreativitas dan inovasi dari guru. Namun, terdapat keterbatasan dalam sumber daya, bahan ajar, dan pelatihan profesional, yang menimbulkan pertanyaan mengenai sejauh mana kompetensi pedagogik guru dapat memenuhi tuntutan Kurikulum Merdeka dan mempengaruhi kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab, serta untuk mengetahui problematika yang di hadapi guru dengan mengidentifikasi praktik-praktik terbaik yang dapat diterapkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa Arab kurikulum Merdeka di kelas VII C MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalogan, 2) Apa saja problematika guru pada kompetensi pedagogik dalam pembelajaran bahasa Arab kurikulum Merdeka di kelas VII C MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kota Pekalongan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan ini dipilih untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang kompetensi pedagogik guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal beberapa masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi tuntutan kurikulum Merdeka. Guru menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesulitan dalam menentukan metode dan strategi pembelajaran yang tepat, kesulitan dalam melaksanakan kurikulum Merdeka menyesuaikan pembelajaran bahasa Arab. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan sejumlah praktik pembelajaran yang efektif yang dapat menjadi model bagi guru lain. Kesimpulannya, peningkatan kompetensi pedagogik guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorfathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka, Pendidik.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:28
Last Modified: 10 Oct 2024 08:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9496

Actions (login required)

View Item View Item