Penerapan Metode Mind Map dalam Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan

Iziyah, Maziyatul (2024) Penerapan Metode Mind Map dalam Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (778kB)
[img] Text
2220075_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Pembelajaran ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin ini dirasa masih sulit untuk dipahami para santri terutama bagi santri yang sebelumnya belum pernah mempelajarinya. Maka untuk mengatasi permasalahan ini, pengajar menggunakan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu. Semakin tidak paham tentang materi nahwu yang dipelajari maka semakin bingung dan kesulitan dalam memahami bacaan yang memiliki kalimat yang menggunakan susunan gramatika bahasa Arab. Maka dari itu kegiatan pembelajaran ini sangat penting bagi santri terutama santri yang beum pernah mempelajari (pemula). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan? Lalu apa faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan penerapan metode mind map dalam pebelajaran nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan metode mind map dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif mode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan metode mind map dalam pembelajaran nahwu terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Kota Pekalongan, pengajar menggunakan metode mind map untuk dipresentasikan santri sdengan pemahaman mereka serta diselingi dengan metode ceramah. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode mind map dalam pembelajaran nahwu yaitu pengajar yang berkompeten semangat santri dalam pembelajaran nahwu menggunakan metode mind map. Proses kegiatan pembelajaran minat dan bakat santri, materi, lingkungan belajar yang nyaman. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran nahwu menggunakan metode mind map yaitu keterbatasan waktu dan sarana kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ilmu Nahwu, Metode mind map
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:18
Last Modified: 10 Oct 2024 08:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item View Item