Strategi Pemasaran Telur Puyuh Di Pasar Kajen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Ningsih, Kurnia (2024) Strategi Pemasaran Telur Puyuh Di Pasar Kajen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117384_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (879kB)
[img] Text
4117384_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4117384_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

KURNIA NINGSIH. Strategi Pemasaran Pedagang Telur Puyuh Di Pasar Kajen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Strategi pemasaran merupakan serangkaian sasaran dan tujuan, aturan serta kebijakan, sebagai acuan para pengusaha pemasaran, di setiap masing-masing tingkatan alokasi dan acuannya, terutama sebagai masukan pengusaha pemasaran menghadapi keadaan pesaing dan lingkungan yang tidak menentu. Sedangkan strategi pemasaran dalam perspektif etika bisnis Islam adalah strategi bisnis yang harus menaungi semua kegiatan perusahaan mencakup dalam proses menawarkan, menciptakan dan pertukaran nilai dari perorangan, perusahaan atau produsen yang berlandaskan oleh syari’at Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pedagang telur puyuh di pasar Kajen dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam penelitian ini, peneliti mengunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini, telah diperoleh hasil berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa strategi pemasaran telur puyuh di Pasar Kajen sudah menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu pertama product/Produk, yang di jual oleh pdagang telur puyuh merupakan telur dengan kualitas telur yang bagus dan fresh (maksimal keluar sudah 3 hari). Kedua price/Harga, pedagang telur puyuh di pasar Kajen menetapkan harga telur puyuh yang kurang lebih sama dengan rata-rata harga telur puyuh per butir Rp500. Ketiga yaitu place/Tempat, pedagang telur puyuh memasarkan telur puyuhnya di pasar Kajen, pasar terbesar di kabupaten Pekalongan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat karena lengkap dan jam operasional pasar hampir 24 jam sehingga pedagang telur puyuh bisa mendapatkan keuntungan yang banyak karena kunjungan mereka. Keempat, promotion/Promosi yang dilakukan oleh beberapa pedagang telur puyuh di pasar Kajen yaitu dengan menawarkan produk langsung kepada orang yang lewat dan melalui media sosial whatsapp untuk pemesanan. Sedangkan strategi pemasaran pedagang telur puyuh di pasar Kajen sudah sesuai dengan etika bisnis Islam seperti menjaga kebersihan produk, penetapan harga antar sesama pedagang tidak terlalu jauh, sebagai umat Islam mereka juga selalu mengutamakan ibadahnya walaupun sedang mencari rezeki seperti salat lima waktu dan mendengarkan murottal Al Qur’an sembari menunggu pelanggan datang membeli, berkata jujur terhadap produk yang mereka jual misal ada yang pecah sedikit akan diberitahukan sebelum pelanggan membeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran 4P, Dan Etika Bisnis Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:31
Last Modified: 26 Jul 2024 02:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item View Item