Khotimah, Lala Ratu (2024) Pengaruh Citra Merek, Customer Relationship Management, dan Religiositas Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BTM Pemalang Cabang Comal). Undergraduate Thesis thesis, U.I.N K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4120127_COVER_ Bab I dan Babb V.pdf Download (5MB) |
|
Text
4120127_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia menempati sebagai bagian dari negara terbesar di Dunia yang kebanyakan penduduknya memeluk keyakinan Islam, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan industri halal dan syariah, tak terkecuali adalah lembaga keuangan syariah yang dapat mendukung perkembangan ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah LKMS BTM Pemalang cabang Comal yang berdiri sejak tahun 2002, dari banyaknya persaingan dengan lembaga keuangan lainnya maka perlu diperhatikan keloyalitasan nasabah agar tetap berlangganan dalam jangka waktu yang panjang kepada perusahaan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nasabah untuk menjadi loyalitas kepada lembaga keuangan syariah, seperti citra merek, customer relationship management (CRM), religiositas dan kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra merek, CRM, religiositas dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi analisis statistik SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh langsung antara variabel citra merek, CRM, religiositas dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah serta pengaruh langsung dari variabel citra merek, CRM dan religiositas terhadap kepuasan nasabah. Lalu terdapat pengaruh tidak langsung dari variabel citra merek, CRM dan religiositas terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah mampu memediasi variabel citra merek, CRM dan religiositas terhadap loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | citra merek, CRM, religiositas, kepuasan dan loyalitas nasabah. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:07 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9594 |
Actions (login required)
View Item |