Penerapan metode pembelajaran quantum teaching dalam mata pelajaran akidah akhlak di Mts Negeri 2 Pekalongan

Azizah, Lulu (2024) Penerapan metode pembelajaran quantum teaching dalam mata pelajaran akidah akhlak di Mts Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119072_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119072_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode Quantum Teaching adalah metode belajar yang menggunakan pengubahan bermacam- macam interaksi yang ada di dalam dan sekitar momen belajar. Interaksiinteraksi ini mencakup peserta didik. Tujuan dari dari metode pembelajaran ini adalah untuk mempermudahkan proses pembelajaran sehinga lebih menarik, menyenagkan serta mampu mengubah rasa ingin tahu bagi peserta didik. Metode Quantum Teaching merupakan metode belajar yang menggunakan pengubahan bermacam- macam interaksi yang ada di dalam dan sekitar momen belajar. Interaksi- interaksi ini mencakup peserta didik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Pekalongan?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Pekalongan?, Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Pekalongan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analis data menggunakan analisis data kualitatif dengan tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian bahwa dalam penerapannya metode Quantum Teaching telah diterapkan oleh pendidik dalam 3 tahap. Pertama, tahap perencanaan, pada tahap ini diawali dengan merencanakan atau menyusun hal-hal yang terkait dengan pembelajaran seperti adanya kegiatan penyusunan program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yanng bertujuan untuk pegangan pendidik dalam pembelajaran di kelas lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Kedua, tahap pelaksanaan, pada tahap ini metode Quantum teaching telah diterapkan pada bab materi Akidah Akhlak. Setiap bab pada materi Akidah Akhlak memenuhi unsur konsep perancangan TANDUR yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, penamaan, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan. Tahap selanjutnya adalah evaluasi. Adapun 3 faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran Quantum Teahing. Pertama, kemampuan guru. Kedua, Sarana Prasarana. Ketiga, Siswa yang aktif. Selain faktor pendukung ada 3 faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran Quantum Teaching. Pertama, keterbatasan fasolitas peningkatan kompetensi guru, Kedua, keterbatasan waktu, ketiga lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrayogi, ArdityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Pembelajaran, Quantum Teaching, Akidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:22
Last Modified: 04 Oct 2024 02:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9677

Actions (login required)

View Item View Item