Hardianti, Vivi (2024) Bimbingan islami dengan teknik mauidhoh hasanah dalam mengembangkan konsep diri siswa kelas v MIS Ketitangkidul Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3518112_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (673kB) |
|
Text
3518112_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bimbingan Islami merupakan suatu aktivitas memberikan bantuan kepada individu atau kelompok individu dalam hal mengembangkan potensi akal pikirannya, kejiwaannya, keimanannya, dan keyakinan. Teknik mauidhoh hasanah merupakan pengajaran dalam Islam yang bertujuan untuk menyampaikan pesan agama kepada orang lain dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, bisa melalui cerita atau contoh dari kehidupan sehari-hari yang diharapkan bisa memotivasi dan membimbing orang lain menuju perilaku lebih baik sesuai ajaran agama Islam. Dalam psikologi konsep diri memiliki dua arti yaitu sikap dan perasaan seseorang mengenai dirinya yang mencakup keseluruhan proses psikologi yang menguasai tingkah laku dan penyesuaian diri. Dalam pandangan islam, konsep diri (Al-Mushawwir) menjelaskan bahwa dzat yang pada diri manusia telah dibentuk oleh Allah Swt, untuk menjadikannya konsep diri yang sempurna dan sesuatu yang telah menciptakan dzat yang dibentuk dalam diri manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep diri siswa kelas V MIS Ketitangkidul Bojong?, (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan Islami dengan teknik mauidhoh hasanah dalam mengembangkan konsep diri siswa kelas V MIS Ketitangkidul Bojong? Kemudian penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep diri siswa kelas V MIS Ketitangkidul Bojong, , (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan Islami dengan teknik mauidhoh hasanah dalam mengembangkan konsep diri siswa kelas V MIS Ketitangkidul Bojong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan teknik Field Research (studi lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Konsep diri siswa mengalami perkembangan yang baik, sudah mampu mengendalikan dirinya, dan sudah mengenali dirinya dengan lebih baik. (2) Bimbingan Islami dengan teknik mauidhoh hasanah sudah mampu membuat siswa berkembang dengan memiliki konsep diri lebih baik. Dibuktikan dengan siswa yang sudah yakin akan mengatasi suatu masalahnya, sudah merasa setara dengan orang lain, sudah mampu menerima pujian ataupun hadiah dengan tanpa rasa malu, dan sudah mampu mengendalikan dirinya menjadi siswa yang lebih baik. Hal itu terlihat dari perubahan sebelum dilakukan bimbingan dan sesudah dilakukannya bimbingan. Sehingga proses bimbingan Islami dengan teknik mauidhoh hasanah untuk mengembangkan konsep diri siswa ini dinyatakan berhasil meskipun siswa yang melakukan dengan cara bertahap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan islami, teknik mauidhoh hasanah, dan konsep diri | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:25 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9745 |
Actions (login required)
View Item |