Afandi, M. Riyan (2024) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis inkuiri dengan berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
Text
2620058_BAB I dan BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2620058_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Perkembangan pendidikan matematika menekankan pentingnya pengembangan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Sedemikian pentingnya kemampuan ini, sehingga menjadikan siswa kompeten dalam memecahkan masalah dipandang sebagai tujuan utama dari pengajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebaggai berikut :1) Apakah pengembangan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII? 2)Apakah pengembangan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII? 3) Apakah pengembangan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII? Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. 2)Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. 3) Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pnedekatan pengembangan atau research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE atau analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawamcara, kuesioner, tes, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian modul pembelajaran berbasis inkuiri termasuk dalam kategori “sangat valid” karena diperoleh 78% dari ahli media dan dari ahli materi dengan nilai presentase 84%. Dalam kepraktisan modul ini termasuk sangat praktis dengan presentase yaitu angket respon guru dan angket respon siswa memperoleh rata – rata skor skor 50,85 atau 85% dengan kategori “sangat praktis”. untuk kefektifan dalam pemebelajaran modul ini mendapat nilai presentase pre-test sebesar 14,28% sedangkan post-test presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 82,14% dengan kategori “sangat efektif”
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Pemebelajaran, Berbasis Inkuiri, Kemampuan Pemecahan Masalah | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 516.156 Cubes/Kubus | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:28 | ||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9762 |
Actions (login required)
View Item |