A'izah, Dewi Lailatul (2024) Efektivitas Model Project Based Learning dalam kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2620091_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2620091_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis yang rendah menjadi masalah di sekolah, terutama di SMP Negeri 1 Karangdadap, dan sering dikaitkan dengan penerapan model pembelajaran dan Kurikulum Merdeka. Keberhasilan membentuk kemampuan berpikir kritis siswa sangat dipengaruhi oleh pemilihan model pembelajaran yang tepat. Penerapan Project Based Learning menuntut siswa untuk berpikir kritis dan bertindak aktif. Project Based Learning, sebagai ciri utama Kurikulum Merdeka, memberikan motivasi dan persiapan bagi siswa untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 1 Karangdadap dalam pembelajaran modell Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka? 2) Apakah penerapan model Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka elfelktif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 1 Karangdadap? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang pendekatannya secara kuantitatif. Tipe penelitian ini yaitu Equivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumen. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi ahli, analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji persamaan rata-rata, analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji N-Gain. Dari penelitian ini didapatkan hasil data posttest yang menyatakan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol adalah 78,83 (kategori sedang), sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen) adalah 86,6 (kategori tinggi). Sementara hasil uji t mendapat hasil sig sebesar 0,001<0,05, sehingga hipotesis menyatakan bahwa adanya perbedaan nilai posttest atara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas kontrol memiliki skor N-Gain rata-rata 0,602 (kategori sedang) dan N-Gain Persen 60,24% (cukup efektif). Sebaliknya, kelas eksperimen memiliki skor N-Gain rata-rata 0,765 (kategori tinggi) dan N-Gain Persen 76,5% (sangat efektif). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kurikulum Merdeka | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:45 | ||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9801 |
Actions (login required)
View Item |