Khoeriyyah, Arifatul (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 02 Kupu Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2320166_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (868kB) |
|
Text
2320166_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suasana belajar yang pasif dan monoton pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia, sebelumnya guru kelas menggunakan metode teacher centered (berpusat pada guru) yang membuat siswa mudah bosan dalam menerima pelajaran, dalam mengatasi hal tersebut maka guru kelas menggunakan model pembelajaran problem based learning yang diterapkan pada kelas V di SD Negeri 02 Kupu Brebes untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 02 Kupu Brebes? Lalu apa saja kendala dan solusi yang dihadapi oleh guru kelas V dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 02 Kupu Brebes? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 02 Kupu Brebes dan untuk mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi oleh guru kelas V dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa di kelas V SD Negeri 02 Kupu Brebes Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif mode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir kritis pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 02 Kupu Brebes berjalan dengan baik dan lancar. Penerapan model pembelajaran ini telah sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran problem based learning. Kemudian terdapat kendala dalam model pembelajaran problem based learning yaitu membutuhkan waktu yang relatif lama, minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang masih rendah dan rendahnya kepercayaan diri siswa dalam mengerjakan soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Problem based learning, Bahasa Indonesia. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 08:01 | ||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9813 |
Actions (login required)
View Item |