Internalisasi ajaran kitab waṣāyā` al-abā` lil-abnā` terhadap akhlak santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Bojong Pekalongan

Aini, Syarifa Nurul (2024) Internalisasi ajaran kitab waṣāyā` al-abā` lil-abnā` terhadap akhlak santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120053_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (851kB)
[img] Text
2120053_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagai dasar pengetahuan terutama dalam bidang agama santri diharapkan bukan hanya menerima pembelajaran saja tetapi perlu pemahaman dan mengamalkannya. Untuk itu perlu adanya suatu pembinaan akhlak. Melihat kondisi pendidikan saat ini mengalami menurunnya tata krama dan etika pada lingkungan rumah, namun terkadang di lingkungan sekolah juga dapat mempengaruhi dampak yang negatif di lingkungan sekitar. Semua disebabkan karena kurangnya pengetahuan akhlak pada diri mereka. Peneliti ingin mencari solusi keadaan tersebut karena pentingnya mempunyai akhlak khususnya orang yang beriman. Dengan memilih pembelajaran kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil-Abnā` karya Muhammad Syakir al-Iskandari pendidikan akhlak akan semakin berkualitas karena didalam kitab tersebut mengajarkan bagaimana berakhlakul karimah yang baik dan tepat sesuai dengan ajaran agama Islam. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana nilai-nilai ajaran kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil- Abnā` terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? Bagaimana internalisasi ajaran kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil-Abnā` terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait apa saja nilai-nilai dan internalisasi ajaran dari kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil- Abnā`. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari data primer yang dimiliki ustadz yang mengajar kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil-Abnā` dan data sekunder diperoleh dari kitab, jurnal, dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari kondensasi data kemudian display yang diperoleh dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya nilai-nilai ajaran kitab waṣāyā` al-abā` lil-abnā` terhadap akhlak santri bahwa dengan diadakannya pengajaran kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil-Abnā` para santri dapat memiliki akhlak yang baik sesuai dengan ajaran islam dan diharapkan agar para santri dapat meniru kebiasaan baik yang dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Adapaun hasil dari internalisasi ajaran kitab waṣāyā` al-abā` lil-abnā` terhadap akhlak santri dengan 6 cara penginternalisasian yaitu dengan metode bandongan, menunjuk salah satu santri untuk membaca kitab, pembiasaan, menyelipkan nasihat, memberikan keteladan dan menerapkan ajaran kitab dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, MuasomahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: nalisasi, Kitab Waṣāyā` Al-Abā` Lil-Abnā`, Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:27
Last Modified: 04 Oct 2024 04:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9822

Actions (login required)

View Item View Item