Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 3 Wonokerto

Erianto, Sallamah (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 3 Wonokerto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620112_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620112_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih belum optimal. Siswa masih kesulitan dalam menyampaikan ide-ide matematis dan menerjemahkan soal ke menjadi model matematika tidak terlepas dari sebuah proses pembelajaran. Rendahnya kemampuan komunikasi siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM dan apakah penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 3 Wonokerto. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan efektivitas pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 3 Wonokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment noneequivalent control grup design. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A dan VII B dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII A SMP Negeri 3 Wonokerto dilakukan dengan enam tahapan dan penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM juga efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 3 Wonokerto. Model pembelajaran Probing Prompting berbasis STEM dapat digunakan oleh guru dan siswa diharapkan dapat meningkatkan literasi dan menganalisis soal cerita

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, STEM, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:36
Last Modified: 29 Jul 2024 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9823

Actions (login required)

View Item View Item