Asesmen Diagnostik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtida’iyah Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Abdillah, Nazaruddin (2024) Asesmen Diagnostik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtida’iyah Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319200_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319200_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2319200_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan kurikulum merdeka yang masih baru. Pengadaan kurikulum baru ini pun juga berbuntut dengan kemunculan program baru yaitu kebijakan pengadaan asesmen diagnostik. Suatu kegiatan yang baru pasti menimbulkan suatu problematika terhadap implementasinya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti bertujuan mengadakan penelitian terhadap asesmen diagnostik dalam implementasi kurikulum merdeka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana asesmen diagnostik dalam implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Ibtida’iyah Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan serta Bagaimana problematika asesmen diagnostik dalam implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Ibtida’iyah Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menjelaskan asesmen diagnostik dalam implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Ibtida’iyah Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat asesmen diagnostik dalam implmentasi kurikulum merdeka di Madrasah Ibtida’iyah Walisongo Kranji 01 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur, adapun teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi asesmen diagnostik di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni melalui tahapan-tahapan, diantaranya tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi yang mengacu kepada buku panduan pembelajaran dan asesmen. Adapun problematika yang terjadi dalam implementasi asesmen diagnostik di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni antara lain kurangnya pengetahuan dan kerjasama pendidik, kesulitan pendidik dalam menyusun modul ajar dan kondusifitas peserta didik serta evaluasi pelaporan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Asesmen Diagnostik, Implementasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:13
Last Modified: 28 Aug 2024 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9838

Actions (login required)

View Item View Item