Strategi pondok pesantren Al-Falah Mislahul Muta’alimin Pemalang dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri

Maulana, Luqni (2024) Strategi pondok pesantren Al-Falah Mislahul Muta’alimin Pemalang dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420058-Cover-Bab 1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3420058-FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelajarilah berbicara maka Anda akan menguasai keadaan. Sebuah ungkapan yang tertulis di hieroglif mesir kuno, menunjukkan bahwa betapa pentingnya cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Manusia Sebagai makhluk sosial tentu saja manusia sangat lekat dengan komunikasi. Ada dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi dengan lisan, Ada Banyak hal yang bisa dilakukan dengan komunikasi ini, seperti: Iklan, berdagang, hingga berdakwah. Melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah adanya kemampuan public speaking. Belajar public speaking bisa dilakukan dimana saja, seperti Pondok Pesantren Al-Falah Mislahul Muta’alimin Pemalang yang mengajarkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pondok pesantren Al-Falah Mislahul Muta’alimin Pemalang Dalam Mengembangkan kemampuan public speaking santri serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan peneliti ialah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana pondok pesantren Al-Falah Mislahul Muta’alimin Pemalang Dalam Mengembangkan kemampuan public speaking santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pondok Pesantren Al-Falah Mislahul Muta’alimin Pemalang dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri dengan menggunakan teori Strategi Dakwah Al-Bayanuni, meliputi: Strategi ‘Athifi, Strategi ‘Aqli, dan Strategi Hissi . Yang tersaji dalam bentuk kegiatan, seperti: khitobah dan Bahtsul Masail. Ada beberapa faktor pendukung, diantaranya: antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan tersebut, tema dan petugas yang bergantian, dan sarana prasarana. Terdapat juga beberapa faktor yang menjadi hambatan, seperti: waktu, santri yang tidak mau bertugas, dan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pondok Pesantren, Public Speaking
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:33
Last Modified: 09 Aug 2024 03:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9855

Actions (login required)

View Item View Item