STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MUSLIMAT NU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF WARGA DI KOPERASI SYARIAH NU WONOPRINGGO

Manasika, Arina (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MUSLIMAT NU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF WARGA DI KOPERASI SYARIAH NU WONOPRINGGO. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417045_Cover_Bab I dan Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3417045_Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Manasika, Arina. 2024. Strategi Dakwah Muslimat dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Warga di Koperasi Syariah NU Wonopringgo Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hj.Vyki Mazaya, S.Sos.I, M.S.I. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Dakwah, Muslimat, Partisipasi Aktif, Koperasi Syariah Muslimat NU yang berdiri sejak tahun 1940 adalah salah satu banom di NU, organisasi ini berlandaskan pada gerakan perempuan Islam. Muslimat NU dikenal dengan keterlibatannya dalam isu-isu sosial dan keagamaan. Terdapat program pemberdayaan di Muslimat NU yang mencakup bidang keagamaan, pendidikan, serta ekonomi. Sebagai pelaksana lembaga pemberdayaan ekonomi umat, Muslimat NU berusaha menjalankan fungsinya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat melalui koperasi NU. Hal tersebut dapat dioptimalkan melalui komunikasi dakwah untuk meningkatkan partisipasi warga di koperasi Muslimat NU yang tujuannya supaya laba yang ada bisa digunakan untuk mengatasi problematika di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan hambatan komunikasi dakwah Muslimat NU dalam meningkatkan partisipasi aktif warga di Koperasi Syariah NU Wonopringgo. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, kemudian dilakukan proses yang sistematis untuk mengumpulkan, menyusun, dan menginterpretasikan data yang bersumber dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dan berbagai literatur terkait sehingga diperoleh kesimpulan mendalam sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan strategi dakwah yang dilakukan Muslimat NU ialah ialah strategi dakwah Al-Bayanuni dengan tiga aspek utama. Pertama, strategi sentimentil dengan kegiatan sosial dan kemanusiaan, melakukan pendekatan personal dengan mitra dakwah, serta pengajian dan ceramah yang menginspirasi. Kedua, strategi rasional dengan transparansi dan akuntabilitas serta diskusi dalam penyelenggaraan koperasi. Ketiga, strategi indrawi dengan menigimplementasikan kegiatan nyata berupa penyaluran donasi dan demonstrasi praktis melalui pengalaman pribadi. Hambatan dalam meningkatkan partisipasi aktif warga di Koperasi Syariah NU Wonopringgo berupa hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal yang dihadapi ialah keterbatasan produk, waktu operasional koperasi, sumber daya manusia dan lokasinya yang tidak strategis. Sementara hambatan eksternalnya yaitu akses informasi yang kurang memadai dan pemahaman yang cukup mengenai konsep koperasi syariah di kalangan anggota Muslimat NU.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VykiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Komunikasi Dakwah, Muslimat, Partisipasi Aktif, Koperasi Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:43
Last Modified: 29 Sep 2025 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item