Pengembangan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran tematik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa MSI 12 Pabean Pekalongan

Warpaatun, Warpaatun (2024) Pengembangan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran tematik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa MSI 12 Pabean Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam era kemajuan teknologi, media pembelajaran audiovisual seperti video animasi menjadi esensial dalam pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Penggunaan media ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian di MSI 12 Pabean Pekalongan. Meski fasilitas seperti proyektor dan sistem audio sudah tersedia, guru masih menghadapi tantangan dalam penggunaan media yang inovatif dan pelatihan teknologi. Analisis pretest menunjukkan nilai rata-rata 53,51 dengan standar deviasi 17,514, menandakan tingkat pemahaman siswa yang beragam. Dengan integrasi media video animasi, diharapkan dapat meratakan pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Mengapa perlu dikembangkan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran tematik serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa di MSI 12 Pabean Pekalongan?; (2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi tersebut?; (3) Bagaimana kepraktisan penggunaannya dalam pembelajaran tematik?; dan (4) Bagaimana efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis kebutuhan akan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran tematik dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MSI 12 Pabean Pekalongan; (2) Mengembangkan media pembelajaran video animasi tersebut; (3) Menguji kepraktisan penggunaannya; dan (4) Menguji efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kebutuhan, penerapan model pengembangan produk ADDIE, uji praktikalitas, dan uji efektivitas produk. Hasil daripenelitian ini yaitu: (1) Siswa merasa media yang ada kurang memadai dan mendukung pengembangan media berbasis video animasi; (2) Pada pengembangan produk, pada validasi ahli media, materi, dan bahasa memberikan penilaian sangat baik, masing-masing dengan persentase rata-rata 91,67%, 96,67%, dan 96,88%. Uji skala kecil menghasilkan respon positif dengan rata-rata 96,88% dari guru dan 90,31% dari siswa; (3) Uji kepraktisan menunjukkan media ini sangat berguna dan mudah digunakan dengan rata-rata skor kepraktisan 94%; (4) Uji T berpasangan mengindikasikan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest (t hitung 9,416; signifikansi 0,000), menunjukkan hasil belajar siswa terutama pembelajaran tematik meningkat, dan uji N-Gain menunjukkan rata-rata skor 0,59 dan persentase 58,67%, yang masuk dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, Umi198407102023212033UNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, M. Ali198707232020121004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran Tematik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:39
Last Modified: 26 Oct 2024 04:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9862

Actions (login required)

View Item View Item