Pengaruh Kelompok Referensi, Kepercayaan, Promosi Dan Pelayanan Prima Terhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih Simpanan Masyarakat (Simas) Di Kspps Kopsim Nu Batang

Lissabela, Taliya (2024) Pengaruh Kelompok Referensi, Kepercayaan, Promosi Dan Pelayanan Prima Terhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih Simpanan Masyarakat (Simas) Di Kspps Kopsim Nu Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220082_Cover_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4220082_full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keputusan menabung merupakan suatu keputusan yang dibuat oleh individu untuk menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk disimpan di masa depan. Kelompok referensi adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi individu dalam berperilaku dan mengambil keputusan. Kemudian kepercayaan dapat diartikan sebagai keyakinan individu terhadap keamanan dan keandalan lembaga keuangan. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap suatu produk atau layanan. Pelayanan prima adalah pelayanan yang sangat baik dan melebihi harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kelompok referensi, kepercayaan, promosi, dan pelayanan prima terhadap keputusan anggota dalam memilih simpanan msyarakat (Simas) di KSPPS KOPSIM NU Batang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 5.198. Sampel yang diambil sebanyak 98 responden dengan rumus slovin dan standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa secara parsial kelompok referensi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih Simas. Sementara kepercayaan, promosi, dan pelayanan prima berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih Simas. Kemudian secara simultan variabel kelompok referensi, kepercayaan, promosi, dan pelayanan prima berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih Simas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelompok Referensi, Kepercayaan, Promosi, Pelayanan Prima, dan Keputusan Menabung.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:41
Last Modified: 30 Jul 2024 06:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item