Pengaruh Promosi Produk, Mu’nah, Kepercayaan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Rahn Pada Pt Bank Syariah Indonesia Kcp Pemalang 1

Tikawati, Tikawati (2024) Pengaruh Promosi Produk, Mu’nah, Kepercayaan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Rahn Pada Pt Bank Syariah Indonesia Kcp Pemalang 1. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220093_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4220093_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4220093_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

TIKAWATI. Pengaruh Promosi Produk, Mu’nah, Kepercayaan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Nasabah dalam menggunakan Produk Rahn pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang 1. Minat mengacu pada kecenderungan seseorang terhadap segala sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati. Perilaku yang dilakukan nasabah dalam menggunakan layanan ditentukan oleh kemungkinan konsumen melakukan transaksi sehingga dapat dikatakan sebagai minat. Penelitian ini bermaksud untuk menguji bagaimana minat pelanggan dalam memanfaatkan barang rahn di PT Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang 1 dipengaruhi oleh promosi produk, mu’nah, kepercayaan, dan lingkungan sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi merupakan seluruh nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang 1. Metode sampel berupa purposive sampling, dengan penyebaran kuesioner sehingga menghasilkan 97 responden yang kemudian diolah dengan software EViews 12. Analisis regresi linier berganda dilakukan dalam proses analisis. Uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan normalitas merupakan uji asumsi klasik. Uji F, t, dan koefisien determinasi (R2) digunakan dalam pengujian hipotesis. Berdasarkan temuan penelitian pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t hitung > t tabel yang menunjukkan bahwa mu’nah, lingkungan sosial, dan promosi produk secara parsial berpengaruh baik terhadap keinginan konsumen dalam menggunakan produk Rahn. Sebaliknya, minat nasabah dalam menggunakan produk Rahn dipengaruhi secara negatif oleh kepercayaan. Dengan nilai Prob. (F-Statistic) sebesar 0,000 (<0,05), maka variabel promosi produk, mu’nah, kepercayaan, dan lingkungan sosial secara simultan mempunyai pengaruh signifikan sebesar 12,227. Signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai F hitung > F tabel (12,227 > 2,465). Berdasarkan koefisien determinasi (R2) yang bernilai 0,3187, minat konsumen dalam memanfaatkan produk Rahn secara bersamaan dipengaruhi oleh promosi produk, mu’nah, kepercayaan, dan lingkungan sosial secara keseluruhan, yaitu sebesar 31,8%. Namun sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbadi, M. TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Promosi Produk, Mu’nah, Kepercayaan, Lingkungan Sosial, dan Minat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:42
Last Modified: 30 Jul 2024 06:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9905

Actions (login required)

View Item View Item