Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Branding Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang

Fatimah, Annisa Nabila (2024) Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Branding Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3420176_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (825kB)
[img] Text
3420176_Full Text.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Fatimah, Annisa Nabila. 2024. “Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Branding Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang”. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri KH.Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Dimas Prasetya, M.A Kata Kunci : Manajemen Pengelolaan, Branding, Instagram, Pondok Pesantren Hadirnya teknologi saat ini banyak masyarakat memanfaatkan teknologi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mudah dan cepat. Sehingga banyak masyarakat yang terkesan dengan menggunakan media sosial yang dapat memberikan banyak informasi ataupun hiburan. Begitupun dengan lembaga pendidikan yang di mana memiliki persaingan yang sangat ketat untuk menciptakan branding yang baik terhadap masyarakat sehingga dapat menarik konsumen. Kemudian dalam visi dan misi tim media of Asshiddiqiyah 2 untuk mengelola akun Instagram adalah menjadi garda terdepan dalam menyampaikan dakwah yang terdapat di dalam pondok untuk masyarakat akan tetapi akun Instagram Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 lebih dominan dengan pendokumentasian daripada konten keilmuan sehingga terdapat ketidak sesuai dengan visi dan visi yang telah ditetapkan oleh tim media sejak awal. Instagram yang dijadikan sebagai sarana branding karena adanya persaingan yang ketat terhadap pondok pesantren lain dan juga terdapat ketidak seusuaian dengan visi dan misi tim media, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan media sosial Instagram yang dijadikan branding oleh tim media sehingga dapat dilihat mengenai penghambat apa saja sehingga akun Instagram @asshiddiqiyah2 lebih dominan pendokumentasian, dengan kegunaan penelitian untuk memperbanyak litelatur mengenai strategi pada pengelolaan Instagram teruntuk para santri yang mengikuti perkembangan zaman dan dapat memberikan manfaat dan gambaran mengenai strategi pengelolaan media sosial Instagram dengan menggunakan metode Cutlip dan Center Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatannya paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskritif dengan analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam kegiatan pengelolaan Instagram Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang dapat mempengaruhi masyarakat untuk menciptakan persepsi baik terhadap nama pondok pesantren akan tetapi ketidak seuaian terhadap visi dan misi dari tim media merupakan hambatan yang terkendala pada sumber daya anggota yang kurang mumpuni dalam bidangnya dan kurang kerjasama untuk membuat konten keilmuan. Sehingga Instagram @asshiddiqiyah2 meningkatkan konten pendokumentasian untuk mengisi konten di Instagram dan melanjutkan branding yang menjadi salah satu solusi agar tetap berjalannya unggahan yang terdapat di Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrasetya, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan, Branding, Instagram, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:20
Last Modified: 30 Jul 2024 07:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9912

Actions (login required)

View Item View Item