Dina, Emil Dama (2019) Pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membentuk kemandirian anak di Panti Asuhan Yatim Dan Miskin Majelis Pelayanan Sosial Muhammadiyah Cabang Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Kemandirian anak merupakan kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur pikiran, perasaan dan tindakan sendiri secara bebas serta berusaha sendiri untuk mengatasi perasaan-perasaan malu dan keragu-raguan. Dalam kemandirian sosial di bimbing melalui bimbingan keagamaan dalam pelaksanaannya menggunakan metode-metode yang bernilai Islam dengan tujuan adalah memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan-kesulitan rohaniah dalam lingkungan hidupnya agar orang tersebut mampu mengatasi sendiri karena timbul kesadaran dan penyerahan diri terhadap kekuasaan Tuhan yang Maha Esa, sehingga timbul pada diri pribadinya suatu cahaya harapan kebahagiaan hidup masa sekarang dan masa depan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemandirian anak di Panti Asuhan Yatim Dan Miskin Majelis Pelayanan Sosial Muhammadiyah Cabang Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membentuk kemandirian anak di Panti asuhan dan miskin majelis pelayanan sosial muhammadiyah cabang kedungwuni kabupaten pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data primer diambil dari pengasuh panti asuhan, pengurus, dan pembimbing keagamaan, dan anak-anak dipanti asuhan. Pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian anak belum baik, belum membiasakan, mencuci baju sendiri, membersihkan kamar mandi, mencuci piring sendiri, dan masih ada anak yang masih tergantung pada teman dan pembimbingnya. Setelah di berikan layanan bimbingan keagamaan oleh pembimbing, melalui metode secara langsung dengan menggunakan dua cara yaitu individual pembimbing memberikan nasehat secara langsung dengan anak asuh. Dan metode tidak langsung pembimbing menggunakaan media jadwal kegiatan yang ditempel di dinding, berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an dan buku-buku yang mengandung nilai-nilai pendidikan agama untuk dipelajari dan memberikan keteladanan yang baik sehingga menumbuhkan sikap anak asuh yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan dan Kemandirian Anak | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2020 07:03 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2020 07:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/996 |
Actions (login required)
View Item |