Implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian Anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan Bojong Pekalongan

Apriliana, Sri (2024) Implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian Anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
242007_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (890kB)
[img] Text
242007_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada penelitian ini kemandirian anak anak usia dini sangat rendah, masih banyak anak yang bergantung dengan orang tuanya maupun orang disekitar anak. Perilaku tersebut akan menghambat anak untuk mengembangkan kemandiriannya. Untuk mengatasinya agar anak mandiri orang tua harus menerapkan pola asuh yang tepat, salah satunya adalah pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini. dengan menggunakan pola asuh demokratis anak akan dibiasakan melakukan kegiatannya dengan sendiri, sehingga kemandirian anak akan muncul jika orang tua mengimplementasikan pola asuh demokratis. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, Penyajian data serta Kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan terdapat 4 aspek penting yaitu menerapkan aturan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi anak, memberikan kebebasan kepada anak dengan pengawasan dan bimbingan, orang tua mampu berkomunikasi dengan baik pada anak, perhatian dan pengarahan yang baik dari lingkungan sekolah. Faktor pendukungnya meliputi, komunikasi orang tua dengan anak dan adanya kesadaran orang tua mengenai pola asuh yang baik. Faktor penghambatnya meliputi, kurangnya waktu bersama ayah dengan anak dan lingkungan sekitar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaNIP. 198707142015032004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Demokratis, Kemandirian, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:47
Last Modified: 31 Jul 2024 01:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9961

Actions (login required)

View Item View Item