Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda

Khairunissa, Via Laila (2024) Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220011_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220011_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bank merupakan institusi kepercayaan masyarakat yang berperan sebagai perantara antara pihak yang memiliki kelebihan dana untuk ditanamkan secara produktif pada sektor-sektor yang mengalami kekurangan dana. Loyalitas nasabah memainkan peran krusial dalam menentukan keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan. Tingkat loyalitas yang tinggi dapat menghasilkan keuntungan yang stabil dan berkelanjutan bagi perusahaan, karena pelanggan loyal cenderung melakukan pembelian ulang secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden dan mengunakan rumus slovin dalam menentukan jumlah sampel, kemudian sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menemukan hasil: (1) Variabel Product berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung 2,228 > 1,986 dan nilai signifikasi 0,028 < 0,05 (2) Variabel Price tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung -2,398 < 1,986 dan nilai signifikasi 0,028 < 0,05 (3) Variabel Place berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung yaitu 8,318 > 1,986 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 (4) Variabel Promotion tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, nilai t hitung yaitu 1,534 < 1,986 memiliki nilai signifikasi 0,128 > 0,05 (5) Variabel People tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, nilai t hitung yaitu -0,307 < 1,986 dan nilai signifikasi 0,760 > 0,05 (6) Variabel Process berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung 2,031 > 1,986 dan nilai signifikasi 0,045 < 0,05 (7) Variabel Process berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung 4,504 > 1,986 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 (8) Variabel Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence terhadap Loyalitas Nasabah sebesar 84,9%. Sedangkan sisanya15,1% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak dijadikan variabel penelitian. Kata Kunci: Marketing Mix, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Loyalitas Nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:48
Last Modified: 31 Jul 2024 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9966

Actions (login required)

View Item View Item