Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam memilih produk jajanan lebaran di Kota Pekalongan (Studi Tentang Labelisasi Halal)

Zulfiana, Fitroh (2024) Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam memilih produk jajanan lebaran di Kota Pekalongan (Studi Tentang Labelisasi Halal). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1219074_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1219074_FULL TEXT b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1219074_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tujuan pemberian label pada makanan yang dikemas adalah untuk memastikan bahwa orang yang membeli atau mengkonsumsi makanan dapat mendapatkan informasi yang akurat dan jelas. Penggunaan label dalam kemasan selalu berkaitan dengan aspek perdagangan Banyak industri rumah tangga pangan atau bisnis kecil dan menengah yang bergerak di bidang makanan tradisional dalam kemasaan, seperti halnya di kota Pekalongan. Produk industry rumah tangga ini, terutama makanan dalam kemasan yang tidak diketahui halal haramnya, tentunya cukup berbahaya bagi masyarakat umum untuk dikonsumsi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu dengan pendekatan kualitatif. Peneliti akan menjawab analisis mengenai bagaimana pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian jajanan lebaran di Kota Pekalongan dan apakah perlindungan hukum terhadap produk usaha kecil dan menengah tanpa label halal di Kota Pekalongan Labelisasi halal . Perlindungan hukum terhadap produk usaha kecil dan menengah tanpa label halal di pekalongan dapat terjamin sesuai dengan Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang pelaksanaan peraturan jaminan produk halal belum berlaku secara maksimal disebabkan karena dua faktor :pertama karena penjual mengalami kesualitan dalam mengurus prosedur pendaftaran sertfikasi halal poada produk makanan kedua karena penjual mencantumkan labelisasi halal pada produk makanan tersebut hanya untuk formalitas agar menarik perhatian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFateh, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Labelisasi, Perilaku Konsumen, Jajanan Lebaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:52
Last Modified: 17 Sep 2024 05:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9980

Actions (login required)

View Item View Item