Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Pada Siswa Di Smp Negeri 5 Batang

Qodriyawati, Yuli (2024) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Pada Siswa Di Smp Negeri 5 Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5220007_COVER BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5220007_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
5220007_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu masalah serius yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah meningkatnya kasus kenakalan remaja, menurunya moralitas pelajar dan lemahnya nilai-nilai keiamanan dan ketaqwaan. Dalam hal ini, sekolah mempunyai tanggungjawab yang besar untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya implementasi metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis bentuk implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa di SMP Negeri 5 Batang. (2) Untuk menganalisis proses implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa di SMP Negeri 5 Batang. (3) Untuk mengidentifikasi implikasi implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa di SMP Negeri 5 Batang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan penedekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan menggunakan teknis analisis triangalusi data. Dalam analisis, data-data yang diperoleh akan diuji keabsahannya dengan cara membandikan data-data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, yaitu: pertama, ada lima bentuk metode pembiasaan, diantaranya budaya 5S, berdo’a dan membaca asmaul husna, shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah dan hafalan surat-surat pendek. Kedua, ada tiga proses implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa, yaitu kegiatan pembiasaan menjadi program tersistem, adanya ketaldanan guru, dilakukan secara kontinyu dan konsisten. Ketiga, setidaknya ada empat implikasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilaoi iman dan taqwa, yakni terbentuknya sikap disiplin, siswa taat pada peraturan sekolah, siswa rajin beribadah dan terciptanya hubungan yang antar siswa dan antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Nilai, Iman dan Taqwa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:57
Last Modified: 04 Nov 2024 01:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10236

Actions (login required)

View Item View Item