Qodriyawati, Yuli (2024) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Pada Siswa Di Smp Negeri 5 Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5220007_COVER BAB I & BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
5220007_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
5220007_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu masalah serius yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah meningkatnya kasus kenakalan remaja, menurunya moralitas pelajar dan lemahnya nilai-nilai keiamanan dan ketaqwaan. Dalam hal ini, sekolah mempunyai tanggungjawab yang besar untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya implementasi metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis bentuk implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa di SMP Negeri 5 Batang. (2) Untuk menganalisis proses implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa di SMP Negeri 5 Batang. (3) Untuk mengidentifikasi implikasi implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa pada siswa di SMP Negeri 5 Batang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan penedekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan menggunakan teknis analisis triangalusi data. Dalam analisis, data-data yang diperoleh akan diuji keabsahannya dengan cara membandikan data-data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, yaitu: pertama, ada lima bentuk metode pembiasaan, diantaranya budaya 5S, berdo’a dan membaca asmaul husna, shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah dan hafalan surat-surat pendek. Kedua, ada tiga proses implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa, yaitu kegiatan pembiasaan menjadi program tersistem, adanya ketaldanan guru, dilakukan secara kontinyu dan konsisten. Ketiga, setidaknya ada empat implikasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilaoi iman dan taqwa, yakni terbentuknya sikap disiplin, siswa taat pada peraturan sekolah, siswa rajin beribadah dan terciptanya hubungan yang antar siswa dan antara guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Nilai, Iman dan Taqwa | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 01:50 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10236 |
Actions (login required)
View Item |