Quluub, Muhamad Hadziqul (2024) Implementasi Media Permainan Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas V MI YMI 04 Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220098_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2220098_Full Tex.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2220098_Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab, baik kesulitan yang dialami oleh guru sebagai pendidik maupun kesulitan yang dirasakan oleh para siswanya. Metode pembelajaran mufrodat bahasa arab sejauh ini masih menggunakan metode konvensional dimana para guru memberikan kosakata bahasa arab kemudian para murid diharuskan untuk menghafalkannya. Metode ini terbilang susah diaplikasikan, terutama untuk murid tingkat dasar, dimana siswa tingkat dasar masih belum terlalu terfokus untuk bisa terus menerus menghafal dan lebih mementingkan kegiatan bermain mereka. Maka penggunakan metode pembelajaran alternatif seperti media permainan teka-teki silang bisa menjawab permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar bahasa arab, terutama dalam pengenalan mufrodat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasikan media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab serta bagaimana hasil dari implementasi tersebut pada siswa kelas V MI YMI 04 Wonopringgo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mendapatkan data terkait implementasi, wawancara untuk mendapatkan informasi tentang persiapan dan hasil implementasi serta dokumentasi sebagai pendukung dari temuan-temuan yang lain. Setelah temuan data berhasil didapatkan, selanjutnya akan menggunakan teknik analis data berupa reduksi data, display data dan memberikan kesimpulan untuk bisa memberikan penjelasan terkait hasil penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa implementasi media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab siswa kelas V MI YMI 04 Wonopringgo membutuhkan usaha tambahan terkait perencanaan yang mendetail karena adanya tambahan metode, pelaksanaan yang lebih hati-hati supaya tidak mengganggu materi utama pembelajaran dan penilaian sebagai informasi untuk bisa meningkatkan hasil dari implementasi tersebut. Meskipun dibutuhkan usaha lebih dari tenaga pengajar, hasil yang didapatkan sesuai dengan besarnya usaha yang dikeluarkan, hal ini terlihat dari peningkatan minat belajar, keaktifan para siswa ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar serta meningkatnya nilai rata-rata hasil akhir semester dari siswa kelas V MI YMI 04 Wonopringgo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Permainan Teka-Teki Silang, Mufrodat Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 400 Terminology, Bilingualism (Terminologi, Bilingual) > 400 Language/Ilmu Bahasa, Kebahasaan 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:14 | ||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11297 |
Actions (login required)
View Item |