Nurlailiya, Iis (2024) Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Perguruan Tinggi Di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
1520035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
1520035_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
1520035_Lampiran.pdf Download (608kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas pemenuhan hak atas Pendidikan bagi penyandang disabilitas pada perguruan tinggi di Pekalongan. Berdasarkan Pasal 28C ayatl (1) UUDl 1945 yangl berbunyi: “Setiapl orang berhakl mengembangkan diril melalui pemenuhanl kebutuhan ldasarnya, berhakl mendapat pendidikanl dan memperolehl manfaat daril ilmu pengetahuanl dan lteknologi, senil dan lbudaya, demil meningkatkan kualitasl hidupnya danl demi kesejahteraanl umat lmanusia.” Hal tersebut tersebut menunjukan bahwa semua orang termasuk para penyandang disabilitas berhak mendapatkan Pendidikan, memperoleh ilmu pengetahuanl dan lteknologi, senil dan lbudaya, demil meningkatkan kualitasl hidupnya. Namun pada praktiknya, masih terdapat berbagai tantangan dan hambatan yang dialami oleh penyandang disabilitas saat menuntut ilmu pada Perguruan Tinggi di Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pemangku kebijakan, mahasiswa penyandang disabilitas, dan mahasiswa lainnya di universitas yang ada di Pekalongan dan observasi langsung ke perguruan tinggi di Pekalongan. Data sekunder merupakan data Pustaka yang mencakup dokumen-dokumen publikasi tentang hukum. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemenuhan hak atas Pendidikan bagi penyandang disabilitas pada perguruan tinggi di Pekalongan masih belum sepenuhnya memenuhi prinsip universal, prinsip saling bergantung, prinsip non diskriminasi, dan prinsip tanggung jawab negara yang ada pada prinsip-prinsip hak asasi manusia. Akibat hukum tidak terpenuhinya hak atas pendidikan bagi penyandang disabilitas maka Pemerintah, Pemerintah Daerah dan penyelenggara Pendidikan tinggi akan mendapatkan sanksi administratif berupa: teguran tertulis; penghentian kegiatan pendidikan; pembekuan izin penyelenggaraan pendidikan; dan pencabutan izin penyelenggaraan Pendidikan. Kata Kunci : Hak Atas Pendidikan, Penyandang Disabilitas, Perguruan Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 342 Constitutional and Administrative Law/Hukum Tata Negara 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration/Administrasi Negara |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Tata Negara | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Fasya | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:37 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11362 |
Actions (login required)
View Item |