Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Perguruan Tinggi Di Pekalongan

Nurlailiya, Iis (2024) Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Perguruan Tinggi Di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1520035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1520035_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1520035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas pemenuhan hak atas Pendidikan bagi penyandang disabilitas pada perguruan tinggi di Pekalongan. Berdasarkan Pasal 28C ayatl (1) UUDl 1945 yangl berbunyi: “Setiapl orang berhakl mengembangkan diril melalui pemenuhanl kebutuhan ldasarnya, berhakl mendapat pendidikanl dan memperolehl manfaat daril ilmu pengetahuanl dan lteknologi, senil dan lbudaya, demil meningkatkan kualitasl hidupnya danl demi kesejahteraanl umat lmanusia.” Hal tersebut tersebut menunjukan bahwa semua orang termasuk para penyandang disabilitas berhak mendapatkan Pendidikan, memperoleh ilmu pengetahuanl dan lteknologi, senil dan lbudaya, demil meningkatkan kualitasl hidupnya. Namun pada praktiknya, masih terdapat berbagai tantangan dan hambatan yang dialami oleh penyandang disabilitas saat menuntut ilmu pada Perguruan Tinggi di Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pemangku kebijakan, mahasiswa penyandang disabilitas, dan mahasiswa lainnya di universitas yang ada di Pekalongan dan observasi langsung ke perguruan tinggi di Pekalongan. Data sekunder merupakan data Pustaka yang mencakup dokumen-dokumen publikasi tentang hukum. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemenuhan hak atas Pendidikan bagi penyandang disabilitas pada perguruan tinggi di Pekalongan masih belum sepenuhnya memenuhi prinsip universal, prinsip saling bergantung, prinsip non diskriminasi, dan prinsip tanggung jawab negara yang ada pada prinsip-prinsip hak asasi manusia. Akibat hukum tidak terpenuhinya hak atas pendidikan bagi penyandang disabilitas maka Pemerintah, Pemerintah Daerah dan penyelenggara Pendidikan tinggi akan mendapatkan sanksi administratif berupa: teguran tertulis; penghentian kegiatan pendidikan; pembekuan izin penyelenggaraan pendidikan; dan pencabutan izin penyelenggaraan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasna, SyarifaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hak Atas Pendidikan, Penyandang Disabilitas, Perguruan Tinggi
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 341.48 Human Rights/Hak Asasi Manusia, HAM
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 342 Constitutional and Administrative Law/Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Tata Negara
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:37
Last Modified: 05 Dec 2024 02:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item