Mafaza, Ikfi (2024) Students’ Difficulties And Coping Strategies In Practicing Extensive Listening To English Podcasts. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2520058_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2520058_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2520058_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami mahasiswa saat melakukan aktivitas mendengarkan secara ekstensif dengan podcast serta mengeksplor strategi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan melibatkan empat mahasiswa dari program studi Bahasa Inggris sebagai partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui listening log dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa menghadapi berbagai tantangan dalam mendengarkan podcast secara ekstensif. Tantangan tersebut meliputi karakteristik pesan seperti kosakata yang tidak dikenal, penggunaan bahasa slang, kurangnya kejelasan, kalimat yang tidak sesuai tata bahasa, dan topik yang asing. Selain itu, terdapat juga hambatan terkait dengan penyampaian, seperti aksen pembicara, jumlah pembicara, durasi podcast, dan pengucapan yang kurang jelas. Kesulitan lain yang dihadapi siswa juga dipengaruhi oleh faktor seperti rasa lelah, kebosanan, kurangnya motivasi, serta gangguan lingkungan, seperti kebisingan latar belakang atau alat yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, mahasiswa menerapkan berbagai strategi, termasuk strategi kognitif seperti mendengarkan ulang dan mencatat, strategi metakognitif seperti merencanakan aktivitas mendengarkan, strategi memori seperti mengaitkan kata-kata dengan asosiasi, strategi kompensasi dengan menebak arti kata berdasarkan konteks, strategi afektif dengan berbicara positif kepada diri sendiri, serta strategi sosial melalui interaksi dengan penutur asli atau meminta bantuan. Studi ini menyimpulkan dengan wawasan praktis tentang bagaimana siswa EFL mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dalam berlatih mendengarkan podcast Bahasa inggris secara extensive.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Extensive Listening, Podcast, Listening Difficulties, Listening Strategies | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:44 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11528 |
Actions (login required)
View Item |