Solikhah, Mir’atun (2024) Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Nesyacollection Kedungwuni Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4119241_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (493kB) |
|
Text
4119241_Full Text.pdf Download (1MB) |
|
Text
20 LAMPIRAN mira munaqasah.pdf Download (548kB) |
Abstract
ABSTRAK MIR’ATUN SOLIKHAH. Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Nesyacollection Kedungwuni Pekalongan). Perkembangan dunia bisnis semakin cepat berubahnya seiring dengan kemajuan sistem dan teknologi. Dunia bisnis berkembang secara dinamis, dengan menyangkup hanya tempat ke tempat namun seiring berkembangnya teknologi dan kemajuan maka banyak yang bergeser menjadi online. Dalam menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah mimpi semua pemasar yang mana hal ini menjadi kunci keberhasilan pemasaran jangka panjang. Maka dalam hal ini loyalitas pelanggan tentu dibutuhkan, pelanggan yang puas akan tetap setia untuk waktu yang lama serta mempromosikan produk yang menurut mereka memiliki kualitas yang bagus kepada orang lain. Faktor lain yang menciptakan loyalitas pelanggan adalah Perceived value, dimana memegang peranan penting dalam mempengaruhi loyalitas sebagai penilaian yang dilakukan oleh konsumen secara menyeluruh terhadap produk atau jasa yang diberikan pada persepsi dan asumsi dari apa yang diberikan. Disamping itu, kepuasan pelanggan juga dapat mempengaruhi loyalitas, dimana kepuasan timbul karena terdapat pengalaman berinteraksi dengan Perusahaan sehingga memberikan reaksi positif dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Perceived value dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan Nesyacollection, serta menguji bagaimana peran variety seeking sebagai variabel moderasi ataukah memperkuat atau justru memperlemah hubungan antara perceived value dan kepuasan terhadap loyalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data berupa primer. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk proses analis data menggunakan analisis regresi berganda dengan moderasi. Metode analisis data menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 27 untuk mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variety Seeking tidak dapat memoderasi sehingga memperlemah hubungan perceived value terhadap loyalitas pelanggan. Variety seeking berpengaruh positif dan signifikan sehingga dapat memoderasi dan memperkuat hubungan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Perceived Value, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan, Variety Seeking. ABTRACK MIR’ATUN SOLIKHAH. The Influence of Perceived Value and Customer Satisfaction on Customer Loyalty with Variety Seeking as a Moderating Variable (Studi Kasus Nesyacollection Kedungwuni Pekalongan). The development of the business world is changing rapidly along with advancements in systems and technology. The business world is evolving dynamically, encompassing not just physical locations but also shifting online with the advancement of technology. In creating strong relationships with customers, it is the dream of all marketers, which is the key to long-term marketing success. Therefore, in this case, customer loyalty is certainly needed; satisfied customers will remain loyal for a long time and promote products that they believe have good quality to others. Another factor that creates customer loyalty is perceived value, which plays an important role in influencing loyalty as an overall assessment made by consumers towards the products or services provided based on their perceptions and assumptions of what is given. In addition, customer satisfaction can also influence loyalty, where satisfaction arises from the experience of interacting with the company, resulting in positive reactions from customers. This research aims to examine the influence of perceived value and satisfaction on customer loyalty at Nesyacollection, as well as to investigate the role of variety seeking as a moderating variable, whether it strengthens or weakens the relationship between perceived value and satisfaction on loyalty. The method used in this research is the quantitative method. The source of data is primary. The data collection technique involves the distribution of questionnaires. The research sample consisted of 96 respondents using purposive sampling technique. For the data analysis process, multiple regression analysis with moderation is used. The data analysis method employs the Statistical Program for Social Science (SPSS) version 27 to process the data The results of this study indicate that perceived value has a positive and significant impact on customer loyalty. Satisfaction has a positive and significant impact on customer loyalty. Variety Seeking cannot moderate, thus weakening the relationship between perceived value and customer loyalty. Variety seeking has a positive and significant effect, thereby being able to moderate and strengthen the relationship between satisfaction and customer loyalty. Keywords: Perceived Value, Satisfaction, Customer Loyalty, Variety Seeking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perceived Value, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan, Variety Seeking. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:12 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11610 |
Actions (login required)
View Item |