Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Al-Qur’an Hadits Dalam Membina Kemampuan Profesional Guru MTss Hidayatul Athfal Pekalongan

Islah, Shofikhul (2024) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Al-Qur’an Hadits Dalam Membina Kemampuan Profesional Guru MTss Hidayatul Athfal Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222026_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222026_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
50222026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan profesional guru sangat dibutuhkan sebagai upaya proses pembelajaran yang lebih baik. Karenanya guru-guru dituntut mengembangkan kompetensinya, diantaranya melalui kegiatan MGMP. Guru profesional akan mampu melaksanakan strategi pembelajaran dan menyajikan materi dengan baik dan menyenangkan serta tidak hanya berorientasi kepada ketuntasan belajar saja tetapi pada proses tumbuh kembang potensi peserta didik yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan MGMP mata pelajaran Al-qur’an Hadits oleh guru MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan? Bagaimana peran MGMP dalam membina kemampuan profesional guru Alqur’an Hadits MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan? Mengapa MGMP Alqur’an Hadits diperlukan keberadaannya dalam membina kemampuan profesional guru di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan? Tujuan penelitian adalah : Menganalisis pelaksanaan MGMP mata pelajaran Alqur’an Hadits oleh guru MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan, Menganalisis peran MGMP dalam membina kemampuan profesionalitas guru di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan, Menganalisis keberadaan organisatoris MGMP Alqur’an Hadits dalam membina kemampuan profesionalitas guru di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah : Memberikan masukan bagi warga sekolah dalam peningkatan profesionalitas guru, Menjadi referensi dalam penelitian sejenis dan perumusan kebijakan oleh pihak - pihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MGMP, Profesional Guru.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:35
Last Modified: 16 Dec 2024 02:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item