“Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 5 di SDN Sariglagah Kabupaten Batang

Latifatul, Essa (2024) “Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 5 di SDN Sariglagah Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320159_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2320159_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN.pdf

Download (481kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latifatul, Essa, NIM. 2320159. 2024. “Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 5 di SDN Sariglagah Kabupaten Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Alyan Fatwa, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah SDN Sariglagah Kabupaten Batang, pendekatan pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran matematika belum maksimal, khususnya dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 5. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 5 di SDN Sariglagah Kabupaten Batang” yang bertujuan untuk mengetahui perolehan nilai pretest kemampuan pemecahan masalah, untuk mengetahui perolehan nilai pposttest kemampuan pemecahan masalah, dan untuk menjelaskan pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas 5 SDN Sariglagah Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu desain one group pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 5 SDN Sariglagah Kabupaten Batang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 39,44, yang mencerminkan tingkat awal kemampuan siswa yang masih rendah dalam menyelesaikan masalah matematika sebelum penerapan pendekatan saintifik. Setelah penerapan pendekatan saintifik, nilai rata-rata posttest siswa meningkat menjadi 62,22, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan dibandingkan dengan hasil pretest. Sehingga pendekatan saintifik mampu meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:29
Last Modified: 26 Nov 2024 04:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11749

Actions (login required)

View Item View Item