Analisis Karakter Desain Komunikasi Visual Pada Akun Instagram @qomikin Sebagai Media Dakwah)

Uyun, Qurrotul (2022) Analisis Karakter Desain Komunikasi Visual Pada Akun Instagram @qomikin Sebagai Media Dakwah). Diploma thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418019_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3418019_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
3418019_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dakwah di era digital menjadi tantangan tersendiri bagi penda’i, terlebih tingginya minat mad’u terhadap penggunaan media sosial salah satunya Instagram. Intagram sendiri memiliki banyak pengguna yaitu sebanyak 2 milyar pengguna. Sebagai pendakwah, sudah menjadi keharusan untuk memanfaatkan media sosial sebagai media dakwah. Pesan dakwah dalam Instagram disampaikan melalui poster desain komukasi visual. Dalam hal ini poster desain dimanfaatkan menjadi media dakwah di Instagram akun @qomikin. Penggunaan poster didesain dengan mengelola elemenelemen desain komunikasi visual. Akun Instagram @qomikin juga menerapkan elemen-elemen visual disetiap postingannya. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui elemen-elemen desain komunikasi visual yang digunakan pada akun Instagram @qomikin dan untuk mengetahui karakter desain komunikasi visual yang dibentuk akun Instagram @qomikin. Dalam penelitian ini, untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam maka peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kemudian data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian yaitu bentuk elemen yang ada dalam postingan akun Instagram @qomikin berupa garis, bentuk, tipografi, ilustrasi, warna, dan layout. Adapun karakter elemen yang dihasilkan dari setiap elemen secara keseluruhan memiliki karakter sederhana namun terlihat kalem, ramah, rapi, bersahabat dan dinamis. Karakter – karakter itu sesuai dengan dakwah visual dengan ajaran nilai – nilai dalam Islam dan prinsip – prinsip dakwah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RikzamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Instagram, Karakter Desain Komunikasi Visual, Media Dakwah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:45
Last Modified: 12 Dec 2024 07:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item