Pengaruh Motivasi, Promosi, Pengetahuan Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Memilih Produk Keuangan Di KSPPS Baiturrahmah Bojong

Rosyada, Fikri Amalaia (2024) Pengaruh Motivasi, Promosi, Pengetahuan Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Memilih Produk Keuangan Di KSPPS Baiturrahmah Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220136_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220136_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4220136_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Koperasi syariah hadir di tengah-tengah lembaga keuangan konvensional dengan menawarkan sistem perbankan alternatif bagi umat Islam yang membutuhkan atau ingin memperoleh layanan jasa keuangan tanpa harus melanggar larangan riba. KSPPS Baiturrahmah Bojong merupakan salah satu koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah di Kabupaten Pekalongan yang menyediakan jasa keuangan dengan berbasis syariah Islam sejak tahun 2013. Diantara banyaknya produk yang ditawarkan oleh KSPPS Baiturrahmah Bojong ada fenomena ketimpangan jumlah anggota antara satu produk dengan produk lainnya. Umumnya, anggota memilih produk bukan hanya dari rasa keinginan saja, namun tentu ada faktor yang mempengaruhi preferensi anggota dalam memilih produk koperasi yang sesuai diantaranya adalah motivasi, promosi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh motivasi, promosi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan terhadap keputusan anggota dalam memilih produk keuangan di KSPPS Baiturrahmah Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 95 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk keuangan, sedangkan variabel promosi memiliki pengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih produk keuangan. Kemudian secara bersama-sama variabel motivasi, promosi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan memilih produk keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, Muhammad Aris198510122015031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Promosi, Pengetahuan Produk, Citra Perusahaan, dan Keputusan Memilih Produk Keuangan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:38
Last Modified: 20 Dec 2024 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item