Rosyada, Fikri Amalaia (2024) Pengaruh Motivasi, Promosi, Pengetahuan Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Memilih Produk Keuangan Di KSPPS Baiturrahmah Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4220136_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4220136_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
4220136_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Koperasi syariah hadir di tengah-tengah lembaga keuangan konvensional dengan menawarkan sistem perbankan alternatif bagi umat Islam yang membutuhkan atau ingin memperoleh layanan jasa keuangan tanpa harus melanggar larangan riba. KSPPS Baiturrahmah Bojong merupakan salah satu koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah di Kabupaten Pekalongan yang menyediakan jasa keuangan dengan berbasis syariah Islam sejak tahun 2013. Diantara banyaknya produk yang ditawarkan oleh KSPPS Baiturrahmah Bojong ada fenomena ketimpangan jumlah anggota antara satu produk dengan produk lainnya. Umumnya, anggota memilih produk bukan hanya dari rasa keinginan saja, namun tentu ada faktor yang mempengaruhi preferensi anggota dalam memilih produk koperasi yang sesuai diantaranya adalah motivasi, promosi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh motivasi, promosi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan terhadap keputusan anggota dalam memilih produk keuangan di KSPPS Baiturrahmah Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 95 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk keuangan, sedangkan variabel promosi memiliki pengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih produk keuangan. Kemudian secara bersama-sama variabel motivasi, promosi, pengetahuan produk, dan citra perusahaan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan memilih produk keuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Promosi, Pengetahuan Produk, Citra Perusahaan, dan Keputusan Memilih Produk Keuangan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11971 |
Actions (login required)
View Item |