Maghdalena, Dusaifah (2025) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SPS Anak Bahagia. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2419014_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
2419014_Full Text.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN.pdf Download (379kB) |
Abstract
ABSTRAK Maghdalena, Dusaifah. 2024. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SPS Anak Bahagia. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : A. Tabi’in, M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas, Pembelajaran Berbasis STEAM. Permasalahan utama yang dihadapi oleh SPS Anak Bahagia adalah minimnya kreativitas anak yang terlihat dari observasi yang menunjukkan bahwa anak-anak cenderung pasif dan kurang menunjukkan kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif. Selain itu pendekatan pembelajaran masih konvensional dan berfokus pada aspek kognitif, sehingga kurang memberikan aktivitas yang menstimulasi imajinasi dan kreativitas. Pembelajaran di SPS Anak Bahagia cenderung terfragmentasi dengan setiap mata pelajaran diajarkan secara terpisah, menghambat anak-anak untuk melihat keterkaitan antara berbagai bidang ilmu yang sebenarnya dapat memicu kreativitas. Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi tantangan tersebut. Pendekatan ini tidak hanya memperkenalkan anak-anak pada berbagai disiplin ilmu, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah penelitian ini yaitu 1)Bagaimana Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran STEAM di SPS Anak Bahagia?, 2)Bagaimana Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di SPS Anak Bahagia?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kreativitas anak melalui pembelajaran STEAM di SPS Anak Bahagia, dan untuk mengetahui penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kreativitas anak di SPS Anak Bahagia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan kreativitas anak melalui pembelajaran berbasis STEAM di SPS Anak Bahagia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak-anak di SPS Anak Bahagia masih rendah, yaitu 57.48% yang masuk dalam kategori kurang, Pada siklus I ada peningkatan yaitu 65,69%. dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,62% dengan kategori baik. Masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Pada pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan 8,21% dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 15,93%. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kreativitas anak pada siswa SPS Anak Bahagia Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2024/2025. ABSTRACT Maghdalena, Dusaifah. 2024. Efforts to Increase Children's Creativity Through STEAM-Based Learning at SPS Anak Bahagia. Early Childhood Islamic Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, K.H. State Islamic University. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Supervisor: A. Tabi'in, M.Pd. Keywords: Creativity, STEAM Based Learning. The main problem faced by SPS Anak Bahagia is the lack of children's creativity which can be seen from observations which show that children tend to be passive and show little ability to think creatively and innovatively. Apart from that, the learning approach is still conventional and focuses on cognitive aspects, so it does not provide activities that stimulate imagination and creativity. Learning at SPS Anak Bahagia tends to be fragmented with each subject taught separately, preventing children from seeing the connections between various fields of knowledge which could actually spark creativity. STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Based Learning is an effective solution in overcoming these challenges. This approach not only introduces children to a variety of scientific disciplines, but also encourages them to think critically, creatively, and collaborate. Based on the background, the formulation of the research problem is 1) How are efforts to increase children's creativity through STEAM learning at SPS Anak Bahagia?, 2) How is STEAM learning implemented to increase children's creativity at SPS Anak Bahagia? This research aims to find out how to increase children's creativity through STEAM learning at SPS Anak Bahagia, and to find out the application of STEAM learning to increase children's creativity at SPS Anak Bahagia. The type of research used in this research is Classroom Action Research. The data collection technique uses observation, interviews and documentation techniques. And the data analysis method is descriptive quantitative analysis to see the increase in children's creativity through STEAM-based learning at SPS Anak Bahagia. The results of this research show that the creativity of children at SPS Anak Bahagia is still low, namely 57.48% which is in the poor category. In the first cycle there was an increase, namely 65.69%. with the sufficient category, and in cycle II it increased to 81.62% with the good category. Each cycle showed quite good improvement and was in accordance with the specified success criteria, namely 80%. In pre-cycle to cycle I there was an increase of 8.21% and in cycle I to cycle II there was an increase of 15.93%. It can be concluded that through STEAM learning it can increase children's creativity in SPS Anak Bahagia Pekalongan City students for the 2024/2025 academic year.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Pembelajaran Berbasis STEAM. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |