Maghdalena, Dusaifah (2025) Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui pembelajaran berbasis STEAM di SPS anak bahagia. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2419014_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
2419014_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
Abstract
Permasalahan utama yang dihadapi oleh SPS Anak Bahagia adalah minimnya kreativitas anak yang terlihat dari observasi yang menunjukkan bahwa anak-anak cenderung pasif dan kurang menunjukkan kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif. Selain itu pendekatan pembelajaran masih konvensional dan berfokus pada aspek kognitif, sehingga kurang memberikan aktivitas yang menstimulasi imajinasi dan kreativitas. Pembelajaran di SPS Anak Bahagia cenderung terfragmentasi dengan setiap mata pelajaran diajarkan secara terpisah, menghambat anak-anak untuk melihat keterkaitan antara berbagai bidang ilmu yang sebenarnya dapat memicu kreativitas. Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi tantangan tersebut. Pendekatan ini tidak hanya memperkenalkan anak-anak pada berbagai disiplin ilmu, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah penelitian ini yaitu 1)Bagaimana Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran STEAM di SPS Anak Bahagia?, 2)Bagaimana Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di SPS Anak Bahagia?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kreativitas anak melalui pembelajaran STEAM di SPS Anak Bahagia, dan untuk mengetahui penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kreativitas anak di SPS Anak Bahagia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan kreativitas anak melalui pembelajaran berbasis STEAM di SPS Anak Bahagia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak-anak di SPS Anak Bahagia masih rendah, yaitu 57.48% yang masuk dalam kategori kurang, Pada siklus I ada peningkatan yaitu 65,69%. dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,62% dengan kategori baik. Masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Pada pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan 8,21% dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 15,93%. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kreativitas anak pada siswa SPS Anak Bahagia Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, pembelajaran berbasis STEAM | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |