Natasya Wibowo, Salsabila (2025) Gaya Hidup Memoderasi Pengaruh Kemudahan Transaksi, Kualitas Produk dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4121155_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
4121155_Full Text.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20 LAMPIRAN.pdf Download (661kB) |
Abstract
ABSTRAK Salsabila Natasya Wibowo. Gaya Hidup Memoderasi Pengaruh Kemudahan Transaksi, Kualitas Produk dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan transaksi, kualitas produk, dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian pada platform TikTok Shop dengan gaya hidup sebagai variabel moderating. Studi ini dilakukan pada mahasiswa di tiga perguruan tinggi di Pekalongan, yaitu UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Universitas Pekalongan, dan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 100 responden mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini menggunakan lima variabel utama: kemudahan transaksi, kualitas produk, dan E-WOM sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, serta gaya hidup sebagai variabel moderating. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemudahan transaksi dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sebaliknya, Electronic Word of Mouth (E-WOM) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, variabel gaya hidup tidak berperan sebagai moderator dalam hubungan antara kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian. Namun, gaya hidup terbukti memoderasi hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian. Menariknya, penelitian ini juga menemukan bahwa gaya hidup dapat memoderasi pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian di platform TikTok Shop. Awalnya, E-WOM tidak memiliki pengaruh yang signifikan, tetapi dengan adanya moderasi dari gaya hidup, pengaruh tersebut menjadi signifikan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan strategi pemasaran digital, khususnya dalam konteks e-commerce yang menargetkan segmen mahasiswa, serta memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan literatur perilaku konsumen di era digital. Kata kunci: Kemudahan Transaksi, Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Keputusan Pembelian, Gaya Hidup, TikTok Shop. ABSTRACT Salsabila Natasya Wibowo. Lifestyle Moderates the Effect of Ease of Transaction, Product Quality and E-WOM on Purchase Decisions in Tiktok Shop. This study aims to analyze the effect of ease of transaction, product quality, and electronic word of mouth (E-WOM) on purchasing decisions on the TikTok Shop platform with lifestyle as a moderating variable. This study was conducted on students at three universities in Pekalongan, namely UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Pekalongan University, and Muhammadiyah Pekajangan University Pekalongan. This study uses a quantitative approach with a survey method involving 100 student respondents selected using a purposive sampling technique. Data collection was carried out by distributing questionnaires that had been tested for validity and reliability. Data analysis used Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) to test the research hypothesis. This study uses five main variables: ease of transaction, product quality, and E-WOM as independent variables, purchasing decisions as dependent variables, and lifestyle as moderating variables. The results of this study reveal that ease of transaction and product quality have a significant influence on consumer purchasing decisions. In contrast, Electronic Word of Mouth (E-WOM) does not show a significant influence on purchasing decisions. In addition, lifestyle variables do not act as moderators in the relationship between ease of transaction and purchasing decisions. However, lifestyle is proven to moderate the relationship between product quality and purchasing decisions. Interestingly, this study also found that lifestyle can moderate the influence of E-WOM on purchasing decisions on the TikTok Shop platform. Initially, E-WOM did not have a significant influence, but with the moderation of lifestyle, the influence became significant. These findings provide practical implications for the development of digital marketing strategies, especially in the context of e-commerce targeting the student segment, as well as providing theoretical contributions to the development of consumer behavior literature in the digital era. Keyword: Ease of Transactions, Product Quality, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Purchase Decision, Lifestyle, TikTok Shop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemudahan Transaksi, Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Keputusan Pembelian, Gaya Hidup, TikTok Shop. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:17 | ||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |