Yuliani, Dewi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Genially Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas V MIS Wonorejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321080_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
2321080_Full Text.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Yuliani, Dewi.2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Genially Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas V MIS Wonorejo”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Nurul Husnah Mustika Sari, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Genially, Minat Belajar Matematika sering dianggap mata pelajaran yang sulit karena harus menghafalkan rumus, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik kurang antusias. Hal ini yang menyebabkan minat belajar peserta didik rendah dengan melihat hasil belajar yang cukup rendah yaitu 73% nilai sama atau kurang dari 70 dan belum mencapaik KKM (Kriteria Ketuntasan Minima). Selain itu, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik merasa bosan. Sebagai solusi, penelitian ini mngusulkan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis genially. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis genially untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas V MIS Wonorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau reseach and development (R & D) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluate). Adapun pengumpulan data digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil akhir validasi media pembelajaran matematika berbasis genially memperoleh skor rata-rata 55,5 atau 85,38% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli materi dan memperoleh skor rata-rata 92,5 atau 92,5% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli media. Hasil akhir kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis genially berdasarkan aspek kepraktisan memperoleh skor 72 atau 90,66% dengan kategori “sangat praktis” oleh guru matematika dan memperoleh skor rata-rata 43,80 atau 87,60% dengan kategori “sangat praktis” oleh peserta didik. Hasil akhir keefektifan media pembelajaran matematika berabasis genially memperoleh skor dengan rata-rata 0,775 atau 77,5% yang dikategorikan “efektif” oleh peserta didik dengan rumus N Gain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Matematika, Genially, Minat Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:47 | ||||||||
Last Modified: | 23 Mar 2025 08:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |